Ngeceng Airbus Onenya Airplane Systm

Ngeceng Airbus Onenya Airplane Systm
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Satu kreatifitas melahirkan kreativitas lainnya. Itulah yang membuat industri kreatif di Bandung makin memiliki posisi yang kuat dalam ranah yang disebut ekonomi kerakyatan.

Misalnya Airplane Systm yang dikelola pupuhu Kreative Independent Clothing Kommunity (KICK) Tubagus Fiki Chikara Satari. Untuk mempromosikan Airplane tidak hanya mengandalkan outlet Airplane di Jalan Sumatera, tapi menggunakan konsep menjemput bola dengan menghadirkan outlet berjalan dengan nama Airbus One.

Outlet yang menggunakan bus ini bisa dikatakan yang pertama ada di Indonesia. Bus berkapasitas 64 tempat duduk ini diubah jadi showroom unik yang memajang produk-produk Airplane dengan apik.

Bagian luar berwana biru gelap dan bagian dalam didominasi warna putih. Di pintu Airbus One dapat dilihat dua tandatangan pejabat negara yaitu Menneg BUMN Sofyan Jalil serta menteri Perdagangan dan Perindustrian Fahmi Idris.

Padahal menurut Fiki dirinya tidak mengeluarkan banyak modal untuk meluncurkan Airbus One. Malah sebaliknya, mendapatkan pendapatan promosi.

Kenapa bisa seperti itu? Dari sinilah ide kreatif itu muncul. Fiki mengajukan konsep Airbus One pada sponsor. Tentunya dengan kelebihan outlet mobile yang bisa branding image ke mana-mana ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sponsor. Secara tidak langsung, sponsor yang bersangkutan akan mendapatkan promosi setiap hari. Tidak hanya di satu tempat tapi ke banyak tempat.

Alhasil, Airbus One pun bisa terealisasi di tahun 2006. Lebih muda 6 tahun dari outlet di Jalan Sumatera yang dibangun tahun 2000.

Fiki mengaku sponsor sampai saat ini cuma satu. Tapi Airbus One punya beberapa media partner yang bisa membangun citra Airplane secara keseluruhan. Termasuk ketika Airbus One didatangkan ke daerah-daerah.

Kalau dari segi keuntungan jika Airbus One disandingkan dengan outlet, menurut Fiki sifatnya relatif. "Keuntungan tergantung di mana kita pilih tempat. Relatiflah. Lagipula varian produk yang disedikan juga sama," ujarnya.

Untuk clothing mania pastinya sudah pernah memasuki Airbus One ini. Dari pagi sampai siang Airbus One akan wara-wiri keliling Bandung. Biasanya menjelang sore sampai pukul 21.00 WIB terparkir di Jalan Sultan Agung di dekat God.incorporate.

Menyusul kesuksesan Airbus One, rencananya Airplane akan meluncurkan versi kecilnya. "Biar lebih mobile lagi," pungkas Fiki.

Oke, kita tunggu saja!

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons