Dari Pesta Kostum Sampai Pra Wedding

Dari Pesta Kostum Sampai Pra Wedding
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Berlindung di balik costum figure seperti bentuk ekspresi diri yang lain. Seru, sarat akan kejutan, juga menjadi salah satu ajang eksistensi.

Pesta kostum atau costum party. Meski bukan berasal dari akar budaya Indonesia, tapi keberadaaannya sudah tak lagi asing. Tak hanya kostum-kostum yang terinspirasi dari perayaan Hallowen dari barat sana, tapi meluas ke tokoh-tokoh lain yang populer di dunia.

Sayang memang, tokoh dari Indonesia sendiri masih sedikit yang figurnya begitu melekat dalam bentuk kostum.

Semisal di Kostum, Accesoris and Hand Proops yang terletak di Jalan Saninten. Menuju lokasi bisa diakses melalui Jalan Cendana. Semua koleksi kostum di tempat ini banyak yang mengambil kostum dari figur-figur luar negeri.

Misalnya tokoh-tokoh ternama dari film seperti Peter Pan, Tinker Bell, Cinderella, Kura-kura ninja, kaisar Romawi, John Travolta atau victorian style, geisha, kerajaan Cina juga gaya 80's yang lebih global.

Menurut pengelola Kostum, Robbin (32) dari 500 koleksi kostum yang ada dimiliki hanya sedikit figur Indonesia. "Paling kita punya Gatot Gaca dan Inul Daratista,"jelasnya.

Meski pesta kostum di Bandung masih dikatakan jarang dan terpusat di komunitas-komunitas. Tapi banyak yang antusias dengan kehadiran Kostum.

Berdirinya Kostum sendiri diawali dengan terlibatnya para pengelolanya sebagai bagian property di kelompok P-Project. Maka tahun 2003 tercetuslah ide untuk membuat toko kostum.

"Sejak dibuka sudah lumayan banyak yang menyewa kostum kepada kita," jelas Robbin. Kebanyakan penyewanya berasal dari perusahaan-perusahaan yang ingin merayakan hari jadi atau acara tertentu dengan pesta kostum.

Ternyata apapun yang ada di Bandung menarik hari konsumen Jakarta. Karena ternyata banyak konsumen Jakarta yang datang untuk menyewa kostum di tempat ini.

"Perbandingan antara Bandung dan Jakarta 60 berbanding 40 lah," tutur Robbin.

Kostum pun menawarkan hal lain dalam penggunaan kostum. Tak selalu harus untuk pesta kostum tapi juga akan menarik digunakan dalam pemotretan pra wedding. Tak harus dengan kostum populer seperti kebaya atau gaun, kostum-kostum unik akan memberikan nuansa lain sebuah romantika.

"Dulu juga pernah ada yang memesan kostum untuk acara pernikahan. Mereka meminta kostum kerajaan Cina," jelas Robbin.

Setiap harga kostum bervariasi tergantung bahan dan kesulitan pembuatan kostum. Setiap kostum diberikan dengan perlengkapannya. Meskipun ada beberapa item yang harus disewa secara terpisah seperti wig, topi dan lain-lain.

Tentunya dengan kostum ini akan menghadirkan suasana yang lain. Tak hanya untuk pemakai tapi suasana yang dibangunnya. Sejenak menjadi sesuatu yang beda dari diri sendiri. Mungkin juga bagian dari diri yang tak terdeteksi.(ema/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons