Merchandise Brotherhood Terus Diburu

Merchandise Brotherhood Terus Diburu
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Aura Brotherhood sebagai komunitas motor tua di Bandung memang menyedot perhatian banyak orang. Apapun tentang Brotherhood menjadi pembicaraan sehingga mungkin saja untuk orang-orang di luar komunitas, Brotherhood begitu dielu-elukan.

Hal itu bisa dilihat dari penjualan merchandise Brotherhood yang terbilang cukup kencang. Misalnya di salah satu tempat penjualan merchandise Brotherhood, Begood, yang terletak di Jalan Jurang No 39.

Dari luar sudah tampak dua motor Harley yang gagah mendampingi outlet Brotherhood ini. Outlet yang berdekatan dengan tempat cuci motor ini ternyata dipegang langsung oleh salah satu staff Humas Brotherhood, Adi Cakil (32).

Adi mulai berjualan merchandise sejak setahun yang lalu. Merchandise-merchandise yang dijual adalah merchandise Brotherhood khusus masyarakat umum dengan label Official Support dan tagline yang sudah tidak asing lagi yaitu 'Support Your Local'.

"Dalam satu minggu kita bisa menjual sekitar 200 pieces. Ya, hitung-hitung bantu organisasilah" tutur Adi yang sudah menjadi anggota Brotherhood 16 tahun yang lalu.

Para pembelinya, tidak hanya perorangan yang tapi ada juga untuk dijual kembali. Mereka biasanya menjual kembali secara eceran. Para pembeli pun tak hanya 'urang' Bandung yang tapi juga dari Jakarta, Surabaya bahkan dari Sragen.

T'shirt dan sweater adalah produk inti yang kebanyakan adalah warna hitam. Desain-desain berbau motor tentu saja yang paling mendominasi. Selain itu ada stiker, pin, rompi dan lain-lain.

Untuk t'shirt harganya Rp 75 ribu, sweater Rp 175 ribu, atau stiker Rp 5 ribu dan beberapa merchandise lainnya. Selain itu, Adi pun membuat merchandise sendiri yang masih nggak jauh dari yang berbau motor tua.

Namun Adi menjelaskan penjualan merchandise Brotherhood sendiri bukan komersil. Tapi karena pemintanya yang banyak dan terus meningkat dari tahun ke tahun membuat pihak Brotherhood terus meningkatkan memproduksi sesuai dengan permintaan.

Meskipun diakui Adi banyak juga plagiat-plagiat yang menggunakan nama Brotherhood untuk mengambil keuntungan. Jika hal itu terjadi pihak Brotherhood akan turun tangan untuk mengantisipasi efek negatif penyalahgunaan nama Brotherhood.

Untuk para penggemar Brotherhood selain di Begood, bisa mendapatkan juga merchandise di Pitshop Jalan Purnawarman, di Jalan Kanayakan dan sebentar lagi Brotherhood akan mendirikan outlet resminya di Jalan Braga.
(ema/ema)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons