Made In India di Vishal Butik

Made In India di Vishal Butik
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Eksotisme India kerap menarik hati para pecinta fashion. Keanggunan di balik kain sari, gemerincing gelang-gelang serta bindhi yang memikat di bagian dahi. Unsur-unsur budaya India tersebut tak sedikit yang akhirnya mempengaruhi rancangan-rancangan para desainser dunia yang mengidolakan aura gadis-gadis India.

Kekuatan budaya India itu juga ditawarkan Vishal Butik. Masih bertumpu pada pesona busana tradisional yang masih dipertahankan para masyarakat India.

Misalnya pesona-pesona kain sari berbahan lembut dari sifon, sutera, atau organdi yang kaku yang berpadu dengan kemilau perhiasan. Gagra coli yang juga memperlihatkan keindahan perut dalam balutan blus yang berbinar dengan payet-payet.

Menurut pemilik Vishal Butik, Vishal Takur Tharwani, gaya India memiliki khas pada sisi sulaman dan bordiran. Kekhasan itu juga terletak pada tekhnik menyulam yang masih menggunakan tangan.

Vishal menyebutkan di India ada tekhik menyulam dengan menarik empat sisi kain ke tonggak-tonggak bambu. Maka teknik menyilam secara langsung dilakukan di atas kain yang terpancang tersebut.

Meskipun menurutnya sudah banyak yang menggunakan mesin, karena tekhnik sulam tangan selain memakan waktu lama harganya jatuh lebih mahal.

Aroma India yang ditawarkan Vishal tak hanya sebatas kain sari yang sudah populer tapi juga jenis-jenis busana lain yang khas India. Misalnya untuk wanita ada curidar dan gagra coli. Untuk laki-laki ada sherwani dan kurta. Masing-masing pakaian dalam penggunaannya masih terkait dengan nilai-nilai tradisi keseharian masyarakat India. Biasanya dibedakan dalam waktu penggunaan dan jenis bahan yang dipakai.

Di Vishal Butik yang terletak di Jalan Naripan No 71 ini, harga satu set kain sari berkisar antara Rp 500 ribu-Rp 2 jutaan. Curidar berkisar antara Rp 200 ribu-Rp 350 ribu. Sedangkan sherwani berada di angka Rp 1,5 juta.

Menurut Vishal, beberapa baju ada yang didatangkan langsung dari Bombay. Selebihnya konsumen bisa memesan sendiri sesuai keinginan.

(ema/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons