Industri Clothing, Tak Hanya Untuk Urang Bandung

Industri Clothing, Tak Hanya Untuk Urang Bandung
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Bandung memang jadi kiblat fashion, tapi yang ikut mencicipi keuntungan dari perkembangan fashion di Bandung bisa siapa saja. Sebagai salah satu kota tujuan para perantau, para pendatang di Parisj Van Java pun ramai-ramai membuka usaha yang tengah booming yaitu clothing.

Setelah Distro Channel di Jalan Dalem Kaum yang dominasi pengusaha dari Padang, pelaku clothing di Parahyangan Plaza pun didominasi pengusaha luar Bandung.

Seperti dituturkan pemilik Prapatan Rebel, Imam Mulyadi atau Adi (30) kebanyakan pengusaha clothing di tempat ini adalah orang Garut dan Padang.

"Orang Bandungnya hanya beberapa orang saja," tutur Adi yang mengaku warga asli Bandung.

Hal tersebut diakui Ina pengelola Rave Clothing kalau pengusaha clothing didominasi oleh pengusaha Garut dan Padang. "Ya, banyaknya orang Garut," tutur Ina yang juga berasal dari Garut.

Menurut Budi, salah seorang karyawan yang sejak dulu bekerja di Parahyangan Plaza dulu Parahyangan Plaza tak seramai ini. Bahkan sempat akan bangkrut.

"Awalnya hanya tempat menjual produk-produk skate, surfing atau aksesoris," terang Budi. Sekitar tahun 2000 satu per satu clothing pun bermunculan dan hingga kini sudah memenuhi hampir seluruh lantai.

Diungkapkan Budi, clothing yang ada di Parahyangan Plaza memang lebih menekankan pada sisi bisnis daripada idealis.

Alhasil, tempat ini bisa menyedot pembeli dari berbagai daerah di Indonesia. Para pengusaha daerah ikut kecipratan untung karena masyarakat daerah cukup antusias dengan produk-produk clothing Bandung termasuk dari Parahyangan.(ema/afz)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons