Industri Clothing Rebut Hati Konsumen Dengan Packaging

Industri Clothing Rebut Hati Konsumen Dengan Packaging
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Apapun bentuk industrinya, packaging atau pengemasan produk menjadi sesuatu yang diperhitungkan untuk menjadi nilai tambah agar konsumen tertarik datang dan membeli.

Tak jarang memang, pengemasan yang unik dan kreatiflah yang produk bersangkutan lekat dengan konsumen. Tentu saja kreatifitas dalam pengemasan produk pun turut diperhitungkan para pelaku industri clothing Bandung.

Clothing-clothing saling berpacu merebut hati pasar tak hanya dengan produk yang dihasilkan tapi sistem pengemasan yang menarik.

Cosmic misalnya, mengambil konsep audio video sebagai kemasannya. T'shirt dikemas dalam bentuk wadah video, dompet juga dikemas dalam wadah seperti pemutar kaset dengan gambar rewind, play dan lain-lain.

Produk-produk lain pun dikemas menarik seperti ikat pinggang, buckle dalam kotak seperti peti, bahkan USB dikemas dibalik figur unik dan menarik.

Promotion Manager Cosmic, Agi mengatakan, Cosmic yang berdiri tahun 2002 ini adalah clothing yang pertama kali mengeluarkan konsep packaging unik. Sejak berdirinya, konsep pengemasan Cosmic sendiri senantiasa berevolusi.

Hal yang sama dituturkan manager UNKL (BACA: Uncle) 347, Yogi. Menurut Yogi, UNKL merancang pengemasan untuk produk clothingnya sejak berdiri di tahun 1996.

"Sejak awal pengemasan itu terus berevolusi sampai sekarang," jelasnya. Menurut Yogi, entah siapa yang memulai tapi pola pengemasan produk yang unik memang menyebar hampir di semua label clothing.

"Ya, hal itu tidak bisa dihindarilah. Culture kita memang stereotype. Entah siapa yang memulai siapa yang plagiat. Dan kita juga tidak bisa menuduh yang lain mengekor," jelas Yogi.

Bentuk pengemasan yang dibuat UNKL sekarang terinsiparsi dari bentuk peti kemas. Dalam bentuk kotak-kotak balok panjang berwarna-warni bertuliskan UNKL 347, Nevergreen dan lain-lain.

Namun manajemen manajemen UNKL pun tak hanya memikirkan segi estetika, mereka turut memikirkan sisi fungsional. Kotak-kotak tersebut bisa juga berfungsi sebagai tempat tissue dan tempat pensil.

Pengemasan lainnya adalah kantong plasti bergambar ikon UNKL yang berkumis dan berkacamata yang bisa dijadikan topeng-topengan. Sebab di bagian mata sengaja dibiarkan berlubang.

Yang unik lainnya datang dari D'loops clothing. D'loops menawarkan packaging kotak pipih bergambar radio tape lengkap dengan jinjingan. Wadah tersebut di desain mirip dengan aslinya misalnya ada speaker, pemutar kaset, tuning dan lain-lain.

Packaging lainnya yaitu bentuk silinder yang berwarna-warni dengan tulisan D'loops.

Sedangkan packaging Badger dalam wadah kotak pipih berwarna oranye seperti wadah pizza.

Berbagai filosofi mungkin melatarbelakangi pemilihan-pemilihan setiap ide pengemasan. Walaupun yang menjadi inti inti adalah keunikan dari ide itu sendiri.
(ema/ema)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons