Kaos 'Nakal' Ciri Khas Sunda

Kaos 'Nakal' Ciri Khas Sunda
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Menyampaikan pesan positif tak selalu dengan cara-cara politis atau kata-kata diplomatis. Kata-kata ringan bernada sentilan pun bisa jadi pesan yang menarik asal dikemas dengan kreatif.

Misalnya Baong, label clothing yang masih terbilang baru ini mencoba mengemas pesan tersebut di dalam setiap desain kaosnya. Baong adalah kosakata Sunda yang berarti nakal. Maka kata-kata 'nakal' pun dipilih sebagai bentuk pengungkapan pesan yang ingin disampaikan.

Tapi bukan nakal dalam artian sebenarnya. Nakal di sini lebih mengarah pada kata jahil yang bisa membuat orang tertarik membaca sekaligus juga teringatkan. Seperti halnya nama Baong yang sudah begitu nyunda, menurut pemilik Baong, Ahmad, konsep Baong pun memang tak jauh dari tema-tema kesundaan.

"Kita coba mengangkat tema-tema Sunda untuk mengingatkan kembali orang Sunda terhadap budayanya yang hilang," ujar Ahmad ditemui di stand Baong di Festival Imlek Ciwalk. Sehari-harinya kaos Baong ini bisa ditemui di lantai dasar Plaza Cihampelas Walk.

Baong yang baru lahir tujuh bulan lalu itu mengangkat tema keseharian masyarakat Sunda dengan kata-kata yang mudah dicerna, ringan dan unik. Kritik sosial yang coba disampaikan tidak dalam bahasa-bahasa berat yang membuat dahi berkerut tapi kata-kata yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

"Tema-tema kita gampang dicerna dan akrab dengan kehidupan sehari-hari," ucap Ahmad.

Misalnya kalimat yang diambil dari permainan anak zaman baheula 'paciwit-ciwit lutung si lutung pindah ka luhur'. Anda ingatkan dengan permainan tersebut? Kritik sosial lain dibalut dalam kalimat 'kata istri ke-3 kakek sayah dari ibu dulu Mah Bandung teh sejuk!. Kalimat itu untuk mengingatkan kalau Bandung dulu begitu sejuk dengan kerindangan pohon dibandingkan kondisi Bandung saat ini.

Tak hanya desain, Baong pun menunjukan ukuran kaos dengan bahasa Sunda. Untuk ukuran S dengan kata sereg (sempit, ukuran M dengan kata mejeh (pas), ukuran L dengan kata logor (longgar) dan ukuran XL dengan kata xumpah logor. Harga kaos berada di kisaran Rp 60-Rp 79 ribu. Selain kaos, merchandise lain yang dijual adalah pin.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons