Tak Sekadar Gandeng Band Lokal

Tak Sekadar Gandeng Band Lokal
Pradipta Nugrahanto - detikBandung

Bandung - Sejumlah distro memiliki strategi sendiri-sendiri dalam memasarkan produknya. Inilah yang dilakukan Arena yang berlokasi di Jl Dago 207 Bandung. Distro yang satu ini gencar memproduksi merchandise band-band lokal sebagai strategi pendongkrak penjualannya.

"Kita punya beberapa divisi clothing Arena. Ada Arena Experience, Youth Merchandise, Arena Shoeshop, East, Hello dan Arena Junior. Nah khusus band lokal yang kita buat merchandisenya dipegang oleh Youth Merchandise," tutur Store Manager Arena, M. Helmi Imaduddin, atau disapa Ami kepada detikbandung.

Sejumlah merchandise band lokal asal Bandung seperti Rocket Rockers, Dirty Dolls dan Balcony menjadi produk-produk andalan Arena.

"Merchandisenya tidak hanya t-shirt, tapi juga ada sweater, topi, tas dan dompet," jelas Ami.

Namun begitu, tujuan Arena memproduksi merchandise band-band lokal tidak hanya sekadar meraih keuntungan lebih. Namun juga sebagai bentuk dukungan terhadap pergerakan musik lokal.

"Pastinya ada siklus simbiosis mutualismenya, selain itu ya saling mendukung. Banyak di antara personil band-band lokal itu adalah supplier clothing lokal juga. Jadi lingkarannya masih di situ-situ juga," ujar Ami.

Selain merchandise, Arena juga menyediakan rilisan band-band lokal dan impor berlisensi. "Untuk rilisan band impor kita bekerjasama dengan sejumlah label lokal yang memiliki lisensi untuk memasarkan rilisan-rilisan luar," seloroh Ami.

Menurut Ami, merchandise band lokal yang paling banyak dicari saat ini adalah Rocket Rockers. "Mungkin karena band nya juga sedang naik daun," tutur Ami.

Selain band lokal, ada juga beberapa merchandise band luar. "Kebanyakan t-shirt dan trucker cap, tapi ada juga wind breaker (penahan angin,red), dompet dan kacamata," tambah Ami.

Harga masing-masing merchandise band di Arena bervariasi tergantung jenisnya.

"Kalau untuk band lokal kisaran harganya Rp 85 ribuan, kalau yang impor harganya berkisar antara Rp 200 hingga Rp 400 ribuan. Sementara kaset dan CD dihargai Rp 15 hingga 45 ribuan," ucapnya.

Tidak hanya membuat merchandise band lokal, Arena juga mengendorse sejumlah personil band dengan produk-produknya.

"Sejauh ini kita sudah mengendorse Vicky (Vokalis Burgerkill), Aska (Gitaris Rocket Rockers) dan Andris (Drummer Burgerkill). Kedepan rencananya kita akan mengendorse Peterpan, tapi nunggu mereka ganti nama dulu," ujar Ami.
(dip/bbn)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons