Serbu Rasa Lokal di Kickfest 2009

Serbu Rasa Lokal di Kickfest 2009
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Sukses menggelar Kickfest dalam dua tahun terakhir, Kreative Independent Clothing Kommunity (Kick) kembali mengadakan perhelatan Kickfest 2009, Jumat-Sabtu, 20-22 November 2009 mendatang. Dengan berbagai pertimbangan, Kickfest kali ini diadakan dalam nuansa indoor di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga).

Terbatasnya venue menurut Reza Pamungkas dari Independent Network Indonesia, event management Kickfest 2009, membuat jumlah peserta diperketat.

Tahun lalu sejumlah 160 booth meramaikan Kickfest, tahun ini hanya 130 booth dari clothing dan distro ternama. Mereka datang tak hanya dari Bandung tapi dari Jakarta, Lampung, Makassar, juga Yogya.

Gelaran Kickfest Bandung adalah acara penutup Kickfest 2009, setelah sebelumnya pada 17-19 April diadakan di Jogya Expo Center dan mendatangkan sekitar 72 ribu pengunjung.

"Kali ini kita adakan di dua kota karena ada pelaksanaan pemilu," ujar Reza dalam konferensi pers di Sabuga, Senin (16/11/2009).

Menurut Reza, clothing dan distro peserta Kickfest tidaklah sembarangan. Ada proses screening dari Kick, antara lain dilihat dari eksistensi usaha yang minimal sudah eksis selama empat tahun. Selain itu, idealisme atau attitude, originalitas dan dedikasi juga jadi pertimbangan, tidak semata-mata jualan.

Jargon 'Speak Louder' di Kickfest 2009 pun diangkat sebagai bentuk pergerakan industri kratif ini. "Kickfest adalah bukti keberhasilan eksistensi pergerakan lokal dalam industri kreatif tanah air," ujar Reza.

Ditambahkan Reza, dalam Kickfest nanti juga akan ikut dimeriahkan 40 band lokal. Meski sempat ada tawaran dari band luar untuk ikut tampil, tapi ditolak karena ingin lebih menguatkan dulu rasa lokal.

Tahun lalu, Kickfest yang digelar di Lapangan Gasibu, 1-3 Agustus berhasil menghadirkan 350.000 pengunjung dan transaksi yang mencapai miliaran.

Untuk tahun ini, Reza menyatakan Kick tidak ingin berbicara tentang angka. Target kali ini lebih bersifat 'unfisik'. Bagaimana mengangkat nyawa dari Kickfest sehingga nantinya masyarakat lebih mengejar pada produk lokal.
(ema/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons