Galeri Citta, Angkat Batik Jabar ke Dunia Fashion Internasional

Galeri Citta, Angkat Batik Jabar ke Dunia Fashion Internasional
Avitia Nurmatari - detikBandung

Bandung - Kota Bandung sebagai salah satu kiblat fashion di Indonesia menjadi tempat strategis untuk mempromosikan beragam batik khas Jabar. Menjamurnya factory outlet (FO) pun menjadi sasaran empuk Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) untuk mengangkat citra batik pada pasar yang lebih luas.

Hal tersebut diungkapkan Ketua YBJB Sendy Yusuf kepada detibandung saat ditemui usai Persemian Galeri Citta Batik yang menyatu dengan FO Runaway di Jalan Ir H Djuanda, Rabu (4/7/2010).

"Batik harus bisa bersinergi dengan factory outlet. Apalagi Bandung ini tujuan wisatawan nasional dan internasioal, jadi batik Jabar bisa lebih memasyarakat," ucapnya.

Apalagi menurut Sendy, batik merupakan senjata yang tak ternilai harganya yang dimiliki oleh Indonesia terutama Jawa Barat. "Senjata bangsa kita adalah batik. Sekalipun Paris sebagai pusat fashion, tidak ada yang memiliki senjata kita akni kain adat," terangnya.

Sendy mengakui barang yang dijual di Galeri Citta Batik terbilang cukup mahal dengan pangsa pasar menengah ke atas, namun menurutnya, harga tersebut sebanding dengan proses pembuatan batik itu sendiri.

"Batik ini kan handmade, dibuat dengan penuh keiklasan, dan ketulusan. Kalau positioning harganya di bawah terus kapan kita akan menghargai batik?" tegasnya.

Di Galeri Citta batik ini, hasil karya para perajin dibeli putus oleh pihak YBJB. Hasil karya perajin yang mempunyai nilai dan kulitas tinggi bisa dijual di tempat ini.

"Kita sistemnya beli putus, tapi kita juga pilih-pilih apakah produk-produknya memang bekualitas atau ada kriteria tertentu," katanya.

Saat ini, kata Sendy, dari 26 Kabupaten/Kota di Jabar, 16 Kabupaten/Kota di antaranya sudah menghasilkan batik dengan ciri khas masing-masing. Selain itu sudah ada 5 koperasi batik yang sedang berjalan.

"Kita ada koperasi batik yakni di Ciamis, Garut, Indramayu, Cirebon, dan tasik. Mereka berproduksi di sana, ada simpan pinjamnya juga untuk modal usaha, dan juga ada yang memajang hasil karyanya di galeri," tuturnya.(avi/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons