'Kembangkan Sayap' Lewat Media Online

Goodboy Badminton
'Kembangkan Sayap' Lewat Media Online
Pradipta Nugrahanto - detikBandung

Bandung - Internet tidak hanya sebagai bagian dari gaya hidup, sebagian penggunanya bahkan memanfaatkan jaringan online sebagai media promosi. Goodboy Badminton, band pop punk asal Bandung ini pun mencoba menggaet pasar lewat dunia maya

"Kita ingin membuat promosi yang murah tapi mengena dan jangkauannya luas, makanya kita benar-benar memanfaatkan media online sebagai ajang promosi," tutur Mutt (vox & gitar).

Band yang digawangi oleh Mutt (vokal-gitar), Husein (bas), Naru (gitar) Yuwan (synthesizer) dan Doni (drum) ini sejak awal berdirinya di tahun 2006 sudah memanfaatkan media online untuk mengenalkan dan menyuarakan lagu-lagu mereka.

"Waktu awal berdiri kita melempar single It's So Last Year dan Alert-alert Lindsays lewat situs jejaring myspace, dan ternyata langsung direspon positif oleh
banyak pihak. Kebanyakan dari komunitas, tapi dari yang non-komunitas juga tidak sedikit," ujar Mutt.

Tidak berhenti memasarkan musik lewat internet, Goodboy Badminton mulai menjajal memasarkan merchandise band lewat dunia maya.

"Kalau cuman musik kok rasanya tanggung bener, makanya kita eksplor lebih dalam dan akhirnya kita juga mempromosikan merchandise band lewat internet," tutur
Mutt.

Hasilnya ternyata sangat luar biasa. Dari beberapa merchandise yang dibuat dalam bentuk t-shirt, jumper, tas, dan topi semua laris manis diserbu penggemar.

"Inilah bukti online efektif, kita memang memasarkan lewat distro. Tapi dari internet orang bisa tahu kita meluncurkan merchandise band baru lengkap dengan harga
dan ukurannya tanpa perlu pergi jauh-jauh," seloroh Mutt.

Mutt cs menambahkan, dengan pasar online jaringan pertemanan akan menjadi jauh lebih luas. "Rasanya kalau enggak ada internet, enggak akan ada yang merespon lagu dan Goodboy Badminton sampai keluar negeri seperti sekarang. Dan mungkin juga panggung kita enggak akan seramai sekarang," ujar Mutt.

Tidak seperti kebanyakan band yang mengandalkan jejaring gratisan, Goodboy Badminton merasa perlu untuk membuat website resmi.

"Situs jejaring itu hanya untuk media komunikasi antara pendengar dan band. Sedangkan untuk merespon balik kepada pendengar gunakanlah website," ujar Mutt.

Mutt cs menambahkan, keseriusan menggarap situs online berpengaruh besar terhadap band. "Coba saja lihat band-band di luar negeri, band-band yang serius menggarap webnya lebih berpotensi untuk maju. Sedangkan di sini nunggu ngetop dulu baru bikin web," tutur Mutt.

Sebagai bukti keseriusannya menggarap pasar online, berbarengan dengan diluncurkannya album perdana Goodboy Badminton Oktober mendatang, akan dilaunching pula website serta tampilan baru myspace dan facebook dengan nuansa yang senada dengan album mereka.

"Sebagai media promo alternatif yang masih jarang dilakukan band-band lain, dan juga surprise buat pendengar Goodboy Badminton," tandas Mutt.
(dip/ema)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons