Dasi Batik Komar yang Nyentrik

Dasi Batik Komar yang Nyentrik
Avitia Nurmatari - detikBandung

Bandung - Baju, rok, atau tas yang terbuat dari kain batik sudah sering kita jumpai. Kreasi produk yang terbuat dari kain batik terus mengalir seiring makin banyaknya orang yang ngeh akan batik. Kini, dasi pun bisa terbuat dari kain batik.

Batik Komar lah yang menghasilkan produk dasi batik. 5 tahun lalu, ia memulai membuat dan memasarkan dasi batik dari bahan sutera. Menurut pemilik Batik Komar, Komarudin Kudiya, mulanya pemesan dasi batik ini adalah kalangan kampus seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Unpad.

"Mereka biasanya pesan untuk acara kampus, seperti dies natalis, atau kunjungan. Mereka suka memesan dengan logo kampusnya masing-masing," terang Komar saat
berbincang dengan detikbandung.

IPB adalah kampus yang paling sering memesan batik dasi sutra, karena menurut Komar, IPB sedang concern di dunia persutraan. "Mereka sedang mengembangkan kain dari ulat sutra, sehingga mereka sering meminta dibuatkan dasi batik dari bahan sutra," tuturnya.

Melihat prospek yang cukup baik, akhirnya Komar membuat dasi batik sutra ini untuk dijual ke pasaran dengan label Komar sendiri. "Sekarang saya jual juga di
Galeri Citta Batik ini, biar masyarakat tau, banyak yang bisa dihasilkan dari batik ini," tandasnya.

Harga satu dasi dibanderol sekitar Rp 100 ribu. Komar mengaku produknya sedikit mahal karena terbuat dari kain sutra. "Kita tidak bisa jual murah, karena bahannya saja sudah mahal. Tapi dibanding dasi branded yang lain kita termasuk murah," katanya.(avi/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons