Semprot Airbrush, Saingan Baru Sablon

Semprot Airbrush, Saingan Baru Sablon
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Teknik sablon pada kaos sepertinya punya saingan baru yaitu tekhnik airbrush. Meski belum terlalu populer tapi penggunaan teknologi airbrush mulai banyak diminati di bidang fesyen khususnya t'shirt.

Apa kelebihan t'shirt dibandingkan sablon? Brian menuturkan menggunakan airbrush ibarat menyemprotkan debu ke atas kain sehingga hasilnya lebih halus dibandingkan teknik pewarnaan manapun termasuk sablon.

Bahkan saat disemprotkan, tidak terlihat sama sekali cat yang disemprotkan pen brush. Tapi hasilnya langsung terlihat di permukaan kaos.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan airbrush. Pewarnaan airbrush bisa digunakan sampai ke bagian leher kaos. Hal ini tidak bisa dilakukan sablon.

Dibandingkan sablon proses awal airbrush tidak terlalu ribet. Cukup mencampurkan cat pada compressor lalu disemprotkan. Tidak seperti sablon yang harus mencetak lalu memindahkan film ke screen dan lain-lain.

"Tapi kalau dari sisi jumlah airbrush bisa kalah karena airbrush dilakukan satu per satu," aku Brian.

Airbrush bisa menggunakan berbagai macam warna dalam satu objek. Bisa membuat gradasi warna yang halus tanpa sekat-sekat yang kaku juga menimbulkan efek cahaya.

Tapi bedanya dengan sablon, harga airbrush bisa dibilang lebih mahal. Misalnya untuk harga kaos polos yang belum menggunakan airbrush Rp 40 ribu. Ditambah jasa airbrush yang bervariasi tergantung besar kecilnya objek yang akan digambar. Harganya dimulai Rp 50 ribu sampai Rp 250 ribu.

Jasa airbrush termahal adalah menggambar wajah yang bisa mencapai RP 400 ribu.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons