Pulang Liburan Bawa Kaos Bandung


Pulang Liburan Bawa Kaos Bandung
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Tak lengkap rasanya jika pulang berwisata dengan tangan hampa. Perlu ada kenang-kenangan yang bisa kembali mengingatkan bahwa kaki pernah menginjak kota tersebut.

Tak selalu makanan atau pernak-pernik untuk menunjukkan ikon sebuah kota. Seperti di kawasan wisata Cihampelas misalnya. Salah satunya oleh-oleh yang diburu wisatawan adalah kaos yang bertuliskan 'Bandung'.

"Ya saya beli kaos buat oleh-oleh buat nunjukin bahwa pernah ke Bandung," ujar Ratna (40). Ibu rumah tangga asal Semarang ini mengaku baru pertama kali ke Bandung. Membeli oleh-oleh pun menjadi sesuatu yang wajib untuknya.

Begitupun dengan Reza (26), wisatawan asal Jambi ini tak ingin ketinggalan memboyong pulang kaos Bandung. "Biar kelihatan kalau kita udah dari Bandung," ucap Reza yang saat itu sudah menggondol setumpuk kaos.

Kaos Bandung ini memang sudah jadi tren. Terbukti di sepanjang Jalan Cihampelas bisa ditemukan banyak pedagang kaos yang bertuliskan Bandung.

Meski diakui Endang (35) seorang pedagang kaos di Cihampelas baru setahun ini kaos Bandung jadi idola di Cihampelas. "Awalnya di Tangkuban Perahu dulu, baru sekarang-sekarang lah ke Cihampelas," terang Endang ditemui di lapak kecilnya di pinggir jalan.

Pria yang sudah berjualan kaos selama dua tahun terakhir di Cihampelas ini, mengaku dirinya pun baru setahun terakhir ini berjualan kaos Bandung. Sebelumnya di Cihampelas hanya kaos-kaos biasa tanpa bertuliskan nama Bandung.

Menurut Endang pedagang mendapatkan kaos-kaos tersebut dari Pasar Baru. Selain membeli sendiri ke Pasar Baru ada juga bandar yang kerap mengirimkan kaos-kaos tersebut pada para pedagang.

Meski warna kaos rata-rata berwarna putih tapi motif kaos juga beragam. Di antaranya ada yang memuat ikon-ikon tempat di Kota Bandung contohnya tentu saja gambar Gedung Sate. Selain itu ada kaos bergambar dan bertuliskan 'Bandung Tempoe Doeloe', gambar Stasiun Bandung bahkan peta Bandung.

Kalaupun tanpa gambar tempat khas Bandung, objek-objek umum seperti kendaraan atau kartun pun seringkali jadi pilihan. Satu buah kaos rata-rata dijual antara Rp 15 ribu-Rp 20 ribu. Murah bukan?

Bisa jadi, harga kaos yang murah membuat kaos Bandung ini menjadi pilihan wisatawan dari kelas menengah. Misalnya ketika toko bahkan distro menawarkan harga di atas angka Rp 50 ribu untuk satu kaos, tapi dengan membeli kaos Bandung angka uang tersebut cukup untuk membeli tiga kaos. Bahkan kalau jago tawar menawar dengan pedagang bisa mendapatkan harga yang kurang dari itu.(ema/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons