Tempe Malang dari Bandung

Tempe Malang dari Bandung
Pratiwi Ester Novita Manik - detikBandung

Bandung - Jalan-jalan ke Bandung tidak lengkap jika tidak membawa buah tangan tempe khas Bandung. Di antara tempe khas Bandung, terdapat tempe yang punya ciri khas sendiri, tempe Malang namanya.

Meski menggunakan nama Malang, tempe ini merupakan oleh-oleh khas Bandung. Sindang Laris, satu-satunya distributor tempe Malang di Bandung. Perbedaan tempe ini terletak pada pengolahannya. Sebelum dimasak, kulita atau ari-ari tempe benar-benar dibersihkan. Berbeda dengan tempe lain, yang ketika dimasak masih tersisa kulit atau ari-ari.

Pemilik Sindang Laris, Dedih Sutardi mengemukakan perbedaan itu sangat mempengaruhi rasa dan kualitas tempe. Jika tempe lain kualitasnya tahan 15 hari, di sini bisa bertahan hingga satu setengah bulan.

Selain tempe, oleh-oleh lain yang menjadi andalan adalah oncom. Keduanya merupakan salah satu dari seratusan jenis oleh-oleh yang tersedia di Sindang Laris. Beberapa jenis yang merupakan buatan sendiri adalah sale pisang, kentang dan lain-lain. Sementara jenis oleh-oleh lain merupakan barang titipan dari produsen lain.

"Sebelum diterima untuk dititip di sini juga, kami seleksi rasa dan kualitasnya," tutur Dedih.

Harga tempe di sini ditawarkan Rp 24 ribu per kilogram, sementara untuk oncom seharga Rp 26 ribu per kilogram.

"Memang harganya sedikit lebih mahal dari yang lain, tapi kualitas juga lebih dari yang lain," jelas Dedih.

Kios Sindang Laris ini dapat ditemui di Jalan Ahmad Yani, di bagian depan dekat pintu masuk Pasar Kosambi, mulai pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Selamat berburu oleh-oleh!

(twi/ern

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons