Aksi Penghormatan Terhadap Soekarno Digelar di Banceuy

Bandung - Pameran foto amatir dan aksi sosial sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap mantan presiden RI, Soekarno digelar di monumen penjara Banceuy, Jl ABC, Komplek Banceuy Permai, Minggu (6/4/2008). Aksi yang mengambil tema 'Seboeah Cerita Dari Penjara" ini merupakan rangkaian dari Program Pernik Bandung yang sebelumnya digelar Klab Aleut di Hotel Surabaya.

Menurut koordinator aksi dari Klab Aleut, Ardi Aliudin, Program Pernik Bandung untuk mengingatkan bahwa di Bandung banyak cagar sejarah. Selain itu, lanjut Ardi, acara ini bisa dikatakan sebagai tindakan keprihatinan untuk mengingatkan perjuangan Soekarno. "Agar masyarakat juga bisa memahami arti perjuangan," ungkap Ardi disela-sela aksi.

Ardi memaparkan, berdasarkan literatur sejarah yang mereka pahami, Soekarno pernah dipenjara di penjara Banceuy selam 8 bulan dilanjtkan selama 4 tahun di penjara Sukamiskin. Selain soekarno, ungkap Ardi, tokoh perjuangan lain yang juga pernah dipenjara di penjara Banceuy yaitu Suprihadi Nata.

Dalam aksi ini dipajang sebanyak lima frame yang berisi berisi kronologis perjuangan Soekarno. Dua frame lainya memuat cover koran jaman dahulu yang juga menggambarkan perjuangan soekarno. Selain itu, dipajang pula 18 belas buah foto termasuk foto Soekarno, Gedung Indonesia Menggugat dan bangunan-bangunan cagar sejarah lainya yang memiliki keterkaitan dengan perjuangan Soekarno.

Setelah aksi ini Ardi mengaku akan melakukan aksi selanjutnya di penjara Sukamiskin. "Tapi belum tahu kapan," ujarnya. Ardi menambahkan, Klab Aleut merupakan komunitas wisata dan apresiasi sejarah yang kini sudah beranggotakan 70 orang.
(ema/ema)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons