Republik Ganesha, Alternatif Oleh-oleh Bandung

Republik Ganesha, Alternatif Oleh-oleh Bandung
Pratiwi Ester Novita Manik - detikBandung

Bandung - Institut Teknologi Bandung (ITB), kampus idaman pelajar dari berbagai penjuru Indonesia. Menggunakan atribut ITB tentu membanggakan bagi para almamaternya. Namun, anda tidak harus tercatat sebagai mahasiswa atau almamater ITB untuk bisa menggunakan aneka atributnya.

Republik Ganesha, kios kecil yang menyediakan berbagai atribut berbau ITB, mulai dari t-shirt, pin, stiker, jaket dan tas tersedia di sini. Menurut Store Manager Republik Ganesha, Hendarsah, desain dan konsep yang ditawarkan merupakan karya orisinil dari kreativitas almamater ITB.

Pemilik dari Republik Ganesha, Chairul Novin, merupakan alumni ITB. Usaha ini berawal dari proyek kecil-kecilan membuat t-shirt kepanitiaan dalam beberapa acara kampus. Akhirnya usaha ini dikembangkan ke produk-produk lain, hingga kini sudah berjalan 4 tahun.

Desain karya mahasiswa FSRD ITB ini memang unik dan tidak dapat ditemukan selain di Republik Ganesha. Beberapa diantaranya, pin yang bertuliskan "Pernah Nitip Absen di ITB", t-shirt dan jaket yang didominasi logo-logo ITB. Selain desain yang orisinil, ungkap Hendarsah, bahan yang digunakan merupakan katun asli. Proses produksi juga dikerjakan sendiri. Tidak heran, jika produk-produk ini diminati baik oleh almamater ITB maupun dari luar kampus ITB.

"Biasanya paling laris menjelang liburan, karena sangat unik untuk dijadikan oleh-oleh," tutur Hendarsah.

Harga yang ditawarkan untuk produk-produk di sini cukup kompetitif. Pin ditawarkan mulai dari Rp 4 ribu sampai dengan Rp 6 ribu, t-shirt kisaran Rp 60 ribu, jaket mulai dari Rp 75 ribu sampai Rp 90 ribu dan tas ditawarkan mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 90 ribu.

Kios kecil yang berupa truk mini ini bisa ditemui di depan kampus ITB, Jalan Ganesha. Nah, jika anda ingin membawa oleh-oleh yang lain daripada yang lain, Republik Ganesha tentu bisa jadi alternatif pilihan.

(twi/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons