Taman Buru Gunung Masigit dan Kareumbi yang Terlupakan

Bandung - Mendengar kata taman buru, tentu pikiran kita langsung membayangkan seorang pemburu yang menembus hutan, membawa senapan memburu hewan-hewan hutan yang ganas.

Tahukah anda, di daerah kabupaten Bandung, terdapat kawasan hutan buru yang bernama Taman Buru Gunung Masigit dan Kareumbie?

Gunung Masigit dan Kareumbie berada di tiga kabupaten di Jawa Barat. Pintunya terletak di Desa Leuwiliang, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Sebelum tiba pada lokasi ini bila dari Bandung kita akan melewati obyek wisata Curug Cinulang. Apabila sudah memasuki area Taman Buru, sudah masuk ke wilayah Kabupaten Sumedang dan sisanya masuk Kabupaten Garut.

Di kawasan ini terdapat beberapa pusat sumber mata air yang terkenal di antaranya, Sungai Cimanggu dan Sungai Citarik.

Kawasan dengan luas 12.420 hektar ini memiliki potensi biotik flora yang terdiri dari hutan alam dan tumbuh-tumbuhan serta fauna. Jika beruntung, anda masih bisa menemukan macan tutul.

Untuk menuju taman buru, bila anda dari Bandung melewati Cicalengka, yang kemudian dilanjutkan ke Sindangwangi yang jaraknya kira-kira 43 kilometer. Jarak dari Sindangwangi ke lokasi sekitar tiga kilometer.

Sayangnya kondisi jalan buruk, tidak beraspal dan kadang berbatu. Setelah melewati jembatan yang terbuat dari kayu, anda akan tiba di area taman buru.

Kondisi Taman Buru juga sudah tidak terawat. Bahkan ada kantor polisi hutan yang kosong dan beberapa kaca kantornya pecah berantakan.

Menurut sumber dari Dinas Kehutanan Jawa Barat, Taman Buru Gunung Masigit dan Kareumbi diresmikan pada 1976. Meski sudah berjalan 22 tahun, pengelolaan kawasan ini belum mencapai sasaran seperti yang diharapkan, karena belum ada kebijakan yang jelas tentang rencana pengembangan.

Semoga di masa mendatang, pengelolan Taman Buru bisa lebih baik, agar menjadi obyek wisata hutan yang menarik.


aan_sevianto@yahoo.com
alamat: cikutra123(lom/lom)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons