Ada Danamon hingga Satria Baja Hitam di Warung Sawios


Bandung - Pernah dengar danamon? Eits.. tapi ini bukan nama bank. Danamon ini punya kepanjangan unik yaitu dada montok. Tapi jangan jorok dulu maksud dada disini adalah dada ayam montok. Penasaran? Kita simak yuk yang satu ini.

Ada tempat di Bandung, yaitu tempat makan khusus masakan sunda di Jalan Aceh Gang Bbk Ciamis no 28 A, atau di samping BMC (Bandung Milk Center).

Mungkin sudah tidak aneh lagi restoran atau warung yang menyajikan masakan sunda disajikan dalam bentuk parasmanan, jadi kita bisa memilih sendiri yang kita mau. Tapi disini sangat unik sekali, karena setiap masakan tidak dinamakan seperti biasanya.

Salah satu contohnya adalah danamon atau dada ayam montok, paramon atau paha ayam montok, jerman atau jeruk manis, atau stm atau es teh manis. Bahkan untuk menamakan menu paru pun di sini mengambil nama salah satu pahlawan film kartun yaitu satria baja hitam.

Sejarah dari tempat makan ini memang cukup panjang, bermula dari tahun 1971, yang dirintis oleh Ibu Siti Aminah bersama ibunya. Awalnya mereka berdagang berkeliling dengan menggunakan gerobak.

Tapi akhirnya menetap di sekitar Bank Indonesia, setelah sebelumnya sempat berpindah-pindah. Sempat berhenti berjualan selama dua tahun, sebelum akhirnya pada 2005 mulai berdagang kembali Jalan Aceh Gg Bbk Ciamis no 28A, hingga saat ini.

"Saya menyediakan ayam sekitar 50 sampai 75 ekor per hari, dan beras sekitar satu karung per hari. Tapi jika suasana rame 6 karung bisa habis hanya dalam waktu tiga hari", ujar Siti.

Asal-usul warungnya dinamakan Sawios, menurut Siti, karena dulu ketika masih dagang di sekitar Bank Indonesia, ibunya seringkali mengucapkan 'sawios' (engga apa-apa-red) kepada pelanggan, terutama saat membayar.

"Misalnya ada pelanggan yang harusnya bayar Rp 7500, tapi ibu suka bilang 'sawios we Rp 7000' (engga apa-apa bayar Rp 7000 ribu aja-red). Jadi banyak yang bilang juga Ibu sawios, sampai sekarang pun pelanggan dari Bank Indonesia sampai sekarang masih suka makan disini," jelas Siti.

Tempat makan ini buka pada hari Senin sampai Sabtu dari pukul 7 pagi sampai 5 sore, tapi kalau hari Jumat selalu tutup dulu pada pukul 11, dan pukul 1 siang buka lagi.

Jika memang termasuk penyuka masakan sunda, jangan sampai terlewatkan wisata kuliner kali ini ke tempat ini. Tepatnya di jalan Aceh Gg Bbk Ciamis no 28a, atau tepat di belakang BMC (Bandung Milk Center).
(ern/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons