Serba Ringan dan Nyaman dari Up2date


Sabtu, 20 Desember 2008 | 09:28 WIB

Meski siluet yang ditawarkan tak banyak berbeda dari koleksi sebelumnya, tampilan yang ringan dan moderen berhasil membuat koleksi siap pakai up2date ini terlihat lebih urban dan nyaman dipakai.

Bahan kaos spandeks, yang sebetulnya ringan dan nyaman, bukanlah bahan yang lazim dipakai sebagai busana muslim. Tapi, dengan permainan cutting dan konsep padu padan, spandeks menjelma menjadi busana muslim yang berpenampilan ringan dan trendi.

Hal tersebut dibuktikan oleh up2date, merek busana muslim moderen dalam peragaan tunggal perdananya yang bertajuk Transconic 2009 di hotel Four Seasons, Jakarta (17/12) lalu. Transconic, yang merupakan gabungan dari kata transformasi dan iconic itu, memiliki arti perpindahan posisi. "Kami berharap terjadi perpindahan kesan busana muslim sebagai sesuatu yang berat, menjadi sesuatu yang lebih nyaman," kata Tia Wigati, mewakili manajemen up2date.

Meski busana muslim Indonesia telah berkibar sejak lama, namun penggunaannya masih pada kesempatan-kesempatan tertentu saja. Menurut Tia, salah satu faktor penghambatnya adalah kenyamanan. Karena itulah, lewat penggunaan bahan yang nyaman dipakai di cuaca tropis, seperti spandeks, busana muslim bisa dipakai sepanjang tahun layaknya memakai produk busana non muslim.

Busana, tak terkecuali busana muslim, selalu berdekatan dengan perkembangan mode dan gaya hidup. Pengguna busana muslim saat ini pun merupakan penikmat mode yang menginginkan penampilan modis.

Menampilkan 80 rancangan terbarunya, up2date menyajikan parade busana muslim yang tidak saja berani dalam penggunaan bahan, tapi juga dalam warna. Selain memakai warna monokrom dan gelap, beberapa rancangan dikontraskan dengan warna aksesoris. Pada sesi mutation, konsep tumpuk semakin terlihat dengan penggunaan warna matang seperti biru laut, kunyit, dan merah.

Selain spandeks, ditampilkan juga busana yang terbuat dari katun dan rajut. Berbeda dengan produk busana muslim yang ada, koleksi up2date hampir tidak menggunakan unsur dekoratif berupa manik, payet atau kristal. Sesuatu yang serius pun menjadi lebih fun dan trendi dengan ditinggalkannya unsur-unsur dekoratif tadi.

Meski sangat mendukung mobolitas pemakainya, lewat tampilan yang lebih fokus pada bahan dan desain, namun Tia menegaskan koleksinya tetap berpegang pada kaidah dasar busana muslim, yakni panjang, tertutup, dan tidak transparan.

AN

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons