Kenapa Portal Tekstil Indonesia?

Industri tekstil merupakan salah satu penghasil devisa terbesar di Indonesia untuk ekspor non migas. Saat ini persaingan produk tekstil dunia semakin ketat. Salah satu keunggulan bersaing dari produk Indonesia adalah harga, yang disebabkan tenaga buruh murah dan bantuan dari pemerintah (subsidi, keringanan pajak, pinjaman lunak, proteksi produk luar, dll).

Harga murah saja sudah tidak cukup untuk bersaing saat ini (sudah disaingi oleh China dan India). Untuk terus bersaing maka perusahaan di Indonesia harus dapat mencari competitive advantage yang lebih baik. Baik dari competitive advantage perusahaan itu sendiri maupun dari agregation competitive advantage .

Karena banyaknya permintaan akan sebuah portal industri tekstil dan produk tekstil dan kurangnya portal yang menyediakan kebutuhan tersebut, maka textile.web.id dibentuk. Textile.web.id direncanakan akan diluncurkan pada 1 Januari 2002 dengan beberapa feature utama yang terpenting.

Textile.web.id bertujuan untuk menjembatani antara pemain-pemain TPT di Indonesia dengan pemain TPT di luar negeri. Textile.web.id memiliki misi untuk memperluas pasar tekstil di luar Indonesia, yang dapat memudahkan pihak luar untuk mengetahui mengenai produk tekstil di Indonesia. Dan meningkatkan keunggulan bersaing dari perusahaan Indonesia dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi, baik disediakan oleh textile.web.id, dari pihak lain, maupun dari antar anggota textile.web.id.

"Better Textile Understanding"

Slogan ini mengartikan bahwa tidak ada yang terbaik, yang ada adalah yang lebih baik. Yang terbaik saat ini akan menjadi yang terakhir jika mereka tidak terus melakukan pembelajaran dan perubahan secara berkesinambungan. Karena itu kami akan mencoba terus menerus lebih mengerti mengenai tekstil, dan bagaimana kami dapat menyediakan support pada industri.

Kami percaya bahwa tidak ada jalan cepat yang bisa bertahan lama. Mozart tidak dapat menciptakan lagu yang indah sebelum dia berlatih do-re-mi sebelumnya. Demikian pula penyediaan portal bagi industri tekstil. Saat ini di Indonesia khususnya, industri tekstil belum mengapdosi secara efektif dan efisien teknologi informasi. Industri ini masih membutuhkan waktu pembelajaran dengan tahapan-tahapan. Untuk itu kami akan mengadopsi fitur dan isi yang sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan dari industri.

Tahapan penerapan teknologi informasi pada perusahaan tekstil:

1. Penggunaan teknologi informasi dan internet sebagai pendukung kegiatan administrasi dari suatu perusahaan. Termasuk penggunaan email, chatting, diskusi di forum, dll.
2. Penggunaan teknologi internet sebagai sumber informasi. Seperti menggunakan search engine, browsing pada situs-situs tekstil, dll.
3. Penggunaan internet sebagai sarana promosi dari perusahaan. Di sini diawali dengan memberikan company profile secara online.
4. Menyediakan katalog produk secara online yang dapat diupdate kapan saja. Sehingga calon pembeli dapat langsung meminta inquiry ke perusahaan bersangkutan.
5. Menggunakan fasilitas e-commerce secara penuh (B2B, B2C, e-marketplace, dll).

Tahapan-tahapan tersebut tidak berjalan secara seri murni, dapat saja yang satu mendahului yang lain atau maju secara bersama-sama.

Kantor textile.web.id:
PT Konsep Dot Net

Bandung
Jl. Moh Iskat 26
Bandung 40171
T. +62 (22) 70003839
F. +62 (22) 4236882

Jakarta
Cyber Building 11th Floor.
Jl. Kuningan Barat 8.
Jakarta 12710. Indonesia.
T. +62 (21) 70003839
F. +62 (21) 5277811

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons