Kaus Dagadu Laris Manis, Terjual 40.000 Potong Sebulan



Kamis, 24 September 2009 | 18:56 WIB
Laporan wartawan KOMPAS Mohamad Final Daeng

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kaus Dagadu yang menjadi salah satu ikon Kota Yogyakarta pada libur Lebaran ini laris manis diserbu pembeli. Kebanyakan pembeli adalah pemudik yang mencari buah tangan untuk dibawa pulang ke kota masing-masing seusai libur panjang Lebaran ini.

Suasana padat terlihat di Unit Gawat Dagadu (UGD), outlet Dagadu terbesar dari tiga outlet di Yogyakarta, Kamis (24/9). Parkir kendaraan pembeli memenuhi Jalan Pakuningratan, lokasi UGD, hingga sepanjang sekitar 100 meter dan sempat menimbulkan kemacetan kecil.

Heri Azis (55), warga Bintaro, Jakarta, khusus menyempatkan datang ke Yogyakarta dari perjalanan mudiknya di Purworejo hanya untuk membeli kaus-kaus yang dikenal dengan desain-desain kreatifnya ini. "Saya bersama rombongan keluarga setiap tahun selalu datang ke sini untuk membeli kaus Dagadu," katanya.

Kaus-kaus itu ada yang dipakai sendiri dan ada juga yang untuk oleh-oleh bagi kerabat dan teman di Jakarta. "Kalau membeli makanan kan cepat habis, kalau kaus kan bisa awet dipakai sampai Lebaran tahun depan lagi," katanya.

Hal serupa juga dikemukakan Giri (31), warga Sentul, Bogor, yang membeli delapan potong kaus Dagadu. "Saya sebenarnya mudik ke Solo. Ini sudah mau pulang, tapi mampir dulu ke Yogya membeli oleh-oleh," katanya.

Giri menyatakan, tidak ada anggaran khusus untuk membeli oleh-oleh itu. "Fleksibel saja. Kalau ada yang desainnya bagus saya beli. Hari ini habis hampir Rp 500.000 untuk membeli kaus," katanya.

A Noor Arief, direktur sekaligus salah satu pemilik Dagadu, menyatakan bahwa pada saat libur Lebaran seperti ini, penjualan bisa mencapai dua kali lipat dari bulan biasa. Kalau penjualan di bulan biasa mencapai sekitar 20.000 potong. "Kalau liburan panjang seperti ini bisa mencapai 40.000 potong sebulan," katanya.

Untuk menyiasati agar konsumen tidak bosan, Arief mengatakan bahwa pihaknya selalu memperbarui desain setiap satu bulan sekali. Khusus menyambut libur Lebaran ini, Dagadu menyiapkan tujuh desain baru kaus dengan tema "Roemah Moedik".

"Tema besarnya juga masih dikaitkan dengan perayaan 17 Agustus dan isu nasionalisme yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan masyarakat," ujar Arief.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons