Tips Sukses Lamaran Kerja

Oleh: AsianBrain.com Content Team

"Dalam segala hal, keberhasilan tergantung pada persiapan yang matang, dan tanpa persiapan yang demikian, kegagalan pasti dialami" Confucius

Saat ini mungkin Anda sedang mencari pekerjaan untuk pertama kalinya, atau ingin mencari pekerjaan yang lebih baik, atau sedang mencari pekerjaan baru karena terkena PHK. Untuk berhasil, Anda perlu penuntun acuan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Anda harus memahami strategi pencarian pekerjaan, dengan menyajikan surat lamaran kerja lengkap dengan kekuatan-kekuatan agar mendapat perhatian dari calon atasan dengan efek yang maksimal.

Banyak lulusan sekolah maupun perguruan tinggi yang masih baru kemudian gagal berkali-kali dalam misi lamaran kerja. Tidak sedikit diantaranya kemudian kecewa dan putus asa. Pada saat ini yang Anda butuhkan adalah rasa peercaya diri yang tinggi. Anda perlu mengenali dengan baik apa yang Anda harapkan dan apa yang harus Anda lakukan untuk mengubah posisi Anda yang lemah dan penuh ketidakberdayaan, menjadi penuh percaya diri dan siap menghadapi berbagai tantangan.

Banyak hal yang memengaruhi diri Anda dalam memperoleh pekerjaan, diantaranya adalah faktor kualifikasi, pengalaman kerja, inisiatif, ketekunan, serta kesiapan diri ketika menjalani wawancara kerja. Apapun posisi yang anda incar, prinsip dasar, prosedur, dan teknik untuk 'menjual diri' tetap berlaku sama ketika melakukan lamaran kerja.

Berikut adalah tips sukses melakukan lamaran kerja :

1. Anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin latar belakang perusahaan dan kondisinya, seperti :

- Spesifikasi yang ditetapkan perusahaan berkenaan dengan usia, kualifikasi, pengalaman kerja dan sebagainya.

- Tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang bersangkutan, masalah dan resikonya

- Lokasi usaha, produk atau jasa yang dijual, penjualan, pasar, laba, rencana masa depan dan jumlah karyawannya.

Mungkin hal ini akan sangat menyita waktu Anda, namun akan sangat bermanfaat. Anda akan siap untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dengan tepat sesuai pekerjaan dan perusahaan tersebut. Dengan bekal ini, Anda akan memiliki keunggulan bersaing daripada pelamar lainnya. Dan, tanpa melakukan penelitian ini, Anda akan berada di pihak yang lemah dalam melakukan lamaran kerja.

Anda bisa mendapatkan informasi penting tersebut dari teman, saudara, ataupun kenalan yang bekerja di perusahan tersebut, bisa juga melalui pelanggan maupun pesaing perusahaan. Sumber informasi yang tidak kalah penting untuk Anda melakukan lamaran kerja adalah laporan tahunan perusahaan, yang berisi informasi lengkap perusahaan.

2. Membuat CV yang menarik

Sebisa mungkin, buatlah daftar riwayat hidup atau curriculum vitae yang akan Anda gunakan dalam melakukan lamaran pekerjaan, dalam format yang teratur, mudah dipahami dan menarik. Isi dari CV ini memuat latar belakang, kualifikasi dan pengalaman kerja Anda, sebagai penilaian calon atasan Anda. Buatlah CV yang mengesankan, menonjolkan kelebihan Anda, namun Anda buat dengan jujur.

3. Membuat surat lamaran kerja dengan baik

Tulislah surat lamaran ini dengan menampilkan darimana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja, latar belakang pendidikan, serta pengalaman kerja yang relevan, dan mengapa Anda menulis surat lamaran tersebut.

Hal yang paling penting adalah ketika membuat lamaran kerja, Anda sedang berupaya untuk menampilkan atau 'menjual diri' secara tertulis kepribadian Anda, kualifikasi, pelatihan kerja yang pernah didapatkan, pengalaman kerja dan lain sebagainya.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons