PROPOSAL BISNIS YANG EFEKTIF

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Satu hal yang sering menjadi masalah bagi kita ketika sedang memulai usaha seringkali terkait dengan modal awal. Biasanya, untuk menutupi kebutuhan ini, pebisnis perlu mengajukan proposal bisnis ke investor.

Ketika sudah memiliki rencana bisnis yang solid dan realistis, maka saatnya bagi kita untuk mampu menyajikannya dengan baik.

Caranya dengan menunjukkan bisnis plan dan meyakinkan kepada investor tentang keuntungan yang akan didapatkan.

Menulis proposal bisnis sebenarnya pekerjaan yang sangat mudah jika Anda sudah cukup berpengalaman dalam bisnis.

Namun, jika Anda adalah seorang amatir dalam hal ini, tentu saja Anda memerlukan bantuan orang lain untuk melakukannya. Karena, ada bahasa dan etika yang ketat dalam dunia usaha. Anda perlu memerhatikan dengan baik hal ini.

Langkah-langkah berikut ini diberikan untuk membantu Anda dalam membuat proposal bisnis yang efektif :

1. Kumpulkan nasihat dan saran

Proposal bisnis tidak hanya pekerjaan mengumpulkan kata-kata, tetapi lebih pada ide cemerlang yang dikumpulkan dan disusun untuk membuat surat bisnis yang baik. Ini adalah salah satu cara untuk menempatkan maksud Anda agar dapat dimengerti orang lain dan meyakinkan calon investor.

2. Berikan penjelasan mengenai keuntungan dan peluang bisnis

Dalam setiap proposal bisnis, yang penting adalah keuntungan tidak hanya menjadi bagian pemilik usaha, tetapi juga lingkungan sekitarnya. Berikan penekanan bahwa bisnis Anda menguntungkan bagi audiens proposal tersebut.

3. Memberikan ide-ide utama

Dalam memulai bisnis, sangat penting bagi Anda untuk menggarisbawahi gagasan utama kepada audiens proposal bisnis, sehingga mereka dapat memahaminya dengan jelas. Penyampaian singkat dan langsung pada tujuan utama akan lebih mudah untuk dimengerti dan lebih dihargai.

4. Menekankan perbedaan Anda dengan bisnis lainnya

Sangat penting dalam proposal bisnis, menjelaskan bahwa usaha yang kita jalankan memiliki nilai lebih dari pesaing yang ada. Sebagai contoh, jika restoran memiliki kecenderungan untuk berdiri sebagai hanya sekedar tempat makan, maka restoran lainnya hanyalah duplikat dari yang sudah ada. Jika Anda memiliki sesuatu yang baru dan lebih berharga, maka Anda bisa meyakinkan bahwa Anda memiliki nilai beda yang mampu menarik perhatian konsumen.

5. Menjaga kejujuran dan rasionalitas

Tidak ada proposal bisnis efektif dibandingkan dengan isi yang jujur dan rasional. Jangan menulis gagasan yang praktis dan sulit untuk dicapai. Calon investor pastinya akan selalu berpikir keuntungan realistis yang akan mereka dapatkan.

6. Pertimbangkan audiens Anda

Mengetahui dengan baik mengenai audiens Anda benar-benar sangat penting, sehingga Anda dapat menyesuaikan informasi kepada mereka. Bagi kebanyakan investor, mereka ingin tahu bagaimana Anda akan menjalankan operasi bisnis Anda.

Banyak informasi yang bisa diperhitungkan dalam memulai sebuah bisnis, dan pekerjaan Anda adalah mengedit apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam proposal bisnis anda, dan mana saja yang harus dibuang.

Nah, menulis proposal bisnis bisa menjadi pekerjaan yang mudah, asal Anda bisa mengumpulkan informasi dengan lengkap untuk audiens Anda. Saatnya mencoba!.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons