Tips Kerja Part Time

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Kesibukan menjalani hari sebagai karyawan kadang membuat jenuh. Apalagi bagi tipe yang mudah bosan. Mungkin Anda termasuk yang demikian. Merasa senang pada awalnya, namun kemudian merasa tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Tidak sedikit yang mengalami hal ini, memutuskan untuk berhenti bekerja dan beralih menjadi pekerja part time.

Sebenarnya tidak ada masalah dalam hal ini. Bekerja part time penghasilannya juga ada yang tidak jauh beda dengan bekerja fulltime. Hanya saja Anda tidak akan mendapat fasilitas yang sama. Ada kalanya Anda merasa tidak aman jika suatu saat sedang sepi job, sementara pengeluaran tetap berjalan.

Berikut beberapa tips bagi yang menginginkan kerja part time :

1. Sering-seringlah mengikuti event-event, dimana Anda berkesempatan untuk bertemu banyak orang. Ingat, kesempatan bisa datang dimanapun, kapanpun, tanpa bisa Anda prediksi.

2. Selalu membawa kartu nama untuk memasarkan diri dan kompetensi Anda.

3. Penampilan dan skill komunikasi. Hal ini penting, karena dari sini akan terbaca kepribadian kita. Bicaralah dengan bahasa general. Tidak berlebihan. Jangan bicara hal-hal yang sangat sensitif, apalagi menyombongkan diri.

4. Mengembangkan sayap. List kenalan Anda, dan tanyakan pekerjaan mereka. Siapa tahu, ada yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan job. Untuk ukuran pemula, jika mendapat tawaran kerja part time, tidak perlu memasang harga terlalu tinggi. Hitung-hitung untuk menambah pengalaman dan CV Anda.

5. Kembangkan minat dan kemampuan, seperti : mengajar les privat, membuat script, desain web, blogging, ngedit video, menjadi SPG, dan lain sebagainya. Yakinlah, suatu saat pasti ada kesempatan untuk menguji kemampuan Anda. Setidaknya, bakat yang Anda miliki menjadi competitive skill tersendiri.

6. Jika sudah memiliki 'nama', Anda bisa memasang harga. Tetapkan standar fee minimal untuk pekerjaan kamu. Hal penting yang perlu diperhatikan saat melamar kerja part time adalah kejelasan job desc dan work load. Jika Anda dibayar 20.000 untuk mengerjakan A, jangan mau dibayar 20.000 jika ternyata di lapangan Andamengerjakan ABCD. Sebagai gantinya, kerjalah dengan profesional. Nilai 20.000 rupiah yang dibayarkan kepada Anda adalah nilai yang ditukarkan dengan pekerjaan yang bernilai 20.000.

Nah, berikut beberapa jenis kerja part time yang bisa Anda lakukan :

1. Menjadi asisten Lab atau asisten dosen. Jika Anda dekat dengan dosen, banyak proyek besar yang bisa dikerjakan. Tentu saja jika kesempatan ini ada ketika Anda masih berstatus mahasiswa.

2. Manfaatkan search engine, banyak jenis pekerjaan yang menawarkan Dolar dalam jumlah yang lumayan dengan bekerja online. Contohnya adalah penerjemah, penulis artikel, audio-video editing, dan lain sebagainya.

2. Salah satu pekerjaan yang lumayan ringan adalah SPG (Sales Promotion Girl). Bekerja hanya pada event-event tertentu, tapi Anda harus tahan berdiri dan berbicara seharian.

3. Pekerjaan web programmer dan web desain. Perusahaan-perusahaan biasanya menyediakan budget yang tidak sedikit untuk jenis pekerjaan ini.

4. Penerjemah. Untuk yang satu ini, tentu diperlukan kemampuan English atau bahasa lain yang melebihi standar.

Well, terakhir, Anda perlu banyak berdo'a dan berusaha untuk mendapatkan kerja part time yang Anda dambakan. Jika Anda serius, Anda bisa mendapatkan penghasilan lumayan. Bahkan tanpa perlu keluar rumah, orang lain yang akan mencari dan menghubungi Anda.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons