MEMULAI USAHA

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Memiliki Usaha sendiri menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan saat ini. Semakin tinggi kesadaran bahwa tidak bisa menggantungkan hidup dari bekerja, menjadikan geliat bisnis semakin bertambah. Meskipun tantangan besar ada di depan kita.

Mutlak diperlukan tujuan untuk memulai usaha, jangan hanya ikut-ikutan. Masih banyak orang yang memulai bisnis dengan cara yang salah, dengan cara yang masih sederhana. Padahal jaman sudah berubah. Konsep bisnis jaman dahulu tentu akan berbeda dengan jaman sekarang.

Kehidupan adalah pilihan, dan kitalah yang memilih seperti apa kehidupan yang kita inginkan, bukan orang lain. Semakin kita optimis akan tujuan kita, maka semakin kita dekat ke tujuan itu. Sebaliknya, semakin kita tidak yakin, tujuan itu akan semakin menjauh. Memulai usaha dengan keyakinan yang mantab adalah mutlak.

Hal pertama yg harus diperhatikan dalam memulai usaha ialah kita harus bertanya tentang apa yang dibutuhkan oleh pasar. Bukan sebaliknya, kita membuat produk terlebih dahulu tanpa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasar. Jika kebetulan dibutuhkan, Anda beruntung. Jika tidak dibutuhkan, maka Anda akan buntung.

Yang dimaksud dibutuhkan oleh pasar ialah pasar benar-benar membutuhkan, sementara penyedia produk atau jasa tersebut masih kurang. Selain itu, kita juga harus memerhatikan jumlah pasar yang membutuhkan produk tersebut. Jika sedikit, memulai usaha di lingkungan tersebut tentu saja kurang menjanjikan.

Banyak orang yang memulai usaha lalu mendapatkan sedikit kesuksesan, kemudian enggan belajar dan berkembang. Padahal belajar itu tidak mengenal batas. Saat Anda sukses di suatu bidang, maka pelajari lebih dalam bidang tersebut. Jika Anda makin mengenal bidang pekerjaan Anda, maka Anda akan menemukan banyak sekali peluang-peluang usaha baru yang menanti tangan emas Anda.

Berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam memulai usaha, karena hasil yang akan dicapai akan proporsional terhadap resiko yang akan diambil. Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik-baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Dan inilah faktor penentu yang membedakan "entrepreneur" dengan "manager". Entrepreneur akan lebih dibutuhkan pada tahap awal pengembangan perusahaan, dan manager dibutuhkan untuk mengatur perusahaan yang telah maju.

Komunikasi yang baik dan kepiawaian menjual akan membantu anda dalam memulai usaha. kepiawaian menjual merupakan kunci suksesnya. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan membantu mengembangkan usaha pada fase itu.

Untuk memulai usaha harus mengerahkan segenap kemampuan. Bahkan, saat tidur sekalipun pikirannya tetap bekerja mengumpulkan mimpi dan rencana-rencana kerja. Jangan lupakan teman-teman Anda. Bertemanlah sebanyak banyaknya. Pada harga dan kualitas yang sama, orang membeli dari temannya, pada harga yang sedikit mahal, orang akan tetap membeli dari teman. Teman akan membantu mengembangkan usaha kita, memberi nasehat, membantu menolong pada masa sulit.

Kalau begitu tunggu apa lagi?? Lakukanlah sekarang juga untuk segera memulai usaha. Bila Anda telah siap, mulailah usaha Anda, lakukanlah sekarang juga. Putuskan dan kerjakan sekarang, karena besok belum tentu milik kita. Kesempatan itu datangnya hanya sekali. Sekali Anda melewatkan sedetik kesempatan, jangan harap dia akan terulang lagi di waktu sama!

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons