Tips Masuk PNS

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Mungkin banyak diantara Anda yang masih mencari pekerjaan yang sesuai dan bahkan mungkin berminat menjadi PNS. Atau, Anda sudah seringkali mengikuti test ini, namun selalu saja gagal?

Berikut tips untuk sukses masuk ujian seleksi PNS :

1. Optimis, Jangan Mudah Menyerah

Jika Anda sangat menginginkan sesuatu, maka persiapkan diri dengan baik. Ada banyak hal yang harus Anda penuhi, dan Anda tidak boleh mudah menyerah begitu saja. Anda akan keluar banyak waktu, tenaga, pikiran, dan biaya untuk memenuhi persyaratan di awal. Setidaknya Anda akan mengurus kartu kuning, foto copy ijazah dan kelengkapan lainnya, membuat CV, menulis lamaran dan lain sebagainya.

2. Persiapkan Segala Sesuatunya

Untuk mempersiapkan hal-hal tersebut, carilah informasi lengkap mengenai seleksi ujian PNS tersebut. Departemen pemerintah umumnya membuka lowongan satu kali setiap tahunnya (biasanya di akhir dan awal tahun). Tinggal Anda yang harus lihai mencari tahu kapan departemen yang Anda minati membuka lowongan. Beberapa departemen menyebarkan pengumuman ini sampai ke perguruan tinggi dan koran, serta tentunya situs resmi mereka.

Usahakan minimal satu bulan sebelumnya, Anda sudah siap dengan berkas-berkas pendukung agar tidak keteteran saat penerimaan seleksi PNS dimulai. Anda hanya perlu menyusun berkas serta menulis lamaran saja. Biasanya yang perlu dipersiapkan adalah :

a. Fotocopy Ijazah, KTP dan Kartu AK.I ( Kartu pencari kerja dari Depnaker)

b. Legalisir ijazah, Kartu AK.I,dll

c. Pas Photo ukuran 2X3,3X4 dan 4X6 beberapa banyak.

Untuk surat Keterangan dari Kepolisian dan Surat keterangan kesehatan dari Dokter, biasanya akan menyusul jika Anda telah dinyatakan lulus seleksi.

3. Mencari Peluang

Untuk mendapatkan peluang yang besar agar dapat lulus seleksi penerimaan PNS, Anda dapat mencoba beberapa hal, misalnya mendaftar di dua tempat sekaligus. Jika Anda telah mengetahui kemungkinan peluang untuk lolos berdasarkan jumlah saingan yang mendaftar, maka Anda ikut test di tempat yang mempunyai peluang lulus paling besar. Peluang lainnya yaitu, mencoba mendaftar di tempat yang memiliki kemungkinan pesaing paling sedikit berdasarkan ijazah yang Anda miliki.

4. Belajar Dan Belajar

Untuk menghadapi soal-soal ujian seleksi penerimaan PNS, Anda perlu belajar serius. Berdasarkan pengalaman, soal yang sering menjadi hambatan untuk keberhasilan dalam tes adalah soal-soal Psikotes, karena dari soal-soal ini dapat dilihat kemampuan atau daya berpikir calon pekerja yang akan diterima. Psikotes adalah soal-soal logika penalaran yang cukup rumit yang dapat diaplikasikan untuk memecahkan persoalan-persoalan rumit didalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

Mata pelajaran Psikotes ini biasanya tidak ada diajarkan di bangku-bangku sekolah dan Anda harus berburu buku psikotes untuk mempelajarinya. Biasanya soal-soal Psikotes berupa : menghitung angka, deret angka, permainan kata, deret gambar, test kepribadian dan lain-lain. Bahan pelajaran pendukung lainnya yaitu pengetahuan Umum dan Rangkuman Latihan soal-soal masuk Perguruan tinggi atau sejenisnya. Anda bisa melakukan searching untuk mendapatkan soal ujian seleksi PNS tahun sebelumnya. Baca soal-soal minimal dari 10 tahun ke belakang, Anda akan melihat bagaimana pola soalnya yang cenderung monoton.

5. Berdoa

Berdoa sangat penting diatas segalanya, dimanapun dan kapanpun. Nah jika ingin berhasil lulus dalam seleksi penerimaan PNS, jangan lupa memulainya dengan doa. Jangan tidak percaya dengan kekuatan doa, karena segala kehidupan didunia ini ada yang mengatur. Memohon kepada Tuhan untuk mengabulkan apa yang Anda cita-citakan.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons