ARTI PENTING MODAL USAHA

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Bagi semua orang yang akan memulai bisnisnya, modal usaha memegang peranan yang sangat penting. Karena, hal ini menjadi salah satu proses dalam investasi jangka panjang.

Modal tentu saja patut diperhitungkan sedemikian rupa, dalam rangka mengontrol keuangan dalam sebuah bisnis dalam periode waktu yang sudah terencana.

Kita sering bertanya kepada orang yang sudah membuka usaha lebih dulu tentang berapa jumlah modal yang digunakan ketika membuka usaha? Dan, jawaban yang seringkali muncul adalah "...sekian juta rupiah, atau sekian belas juta rupiah". Prinsipnya, ada angka fantastis yang keluar untuk modal usaha tersebut.

Tapi, kalau Anda yang ditanya seperti itu, belum tentu Anda bisa menjawab. Karena umumnya ketika kita ingin menjalankan bisnis, banyak diantara kita yang tidak tahu bagaimana cara mengelola modal usaha secara bijaksana.

Secara keseluruhan, modal usaha terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. Modal Investasi Awal

2. Modal Kerja

3. Modal Operasional


1. MODAL INVESTASI AWAL

Yang dimaksud modal investasi awal adalah jenis modal usaha yang harus Anda keluarkan di awal, dan biasanya dipakai untuk jangka panjang. Contoh modal ini adalah bangunan, promosi dan lain sebagainya.

Kalau usaha Anda adalah pangkas rambut, maka modal investasi awal Anda adalah bangunan, peralatan cukur, promosi, dan barang-barang lain yang dipakai untuk jangka panjang. Kalau usaha Anda toko, maka modal investasi awal Anda adalah rak, meja, bahkan mungkin juga mesin kasir.

Biasanya, modal usaha ini nilainya cukup besar karena dipakai untuk jangka panjang. Tetapi nilai dari Modal Investasi Awal ini akan menyusut dari tahun ke tahun bahkan bisa dari bulan ke bulan.

2. MODAL KERJA

Ini adalah modal usaha yang harus Anda keluarkan untuk membeli atau membuat barang dagangan Anda. Modal kerja ini bisa dikeluarkan setiap bulan, atau pada waktu-waktu tertentu ketika terdapat pesanan terhadap barang yang Anda jual.

Sebagai contoh, kalau usaha Anda adalah restoran, maka modal kerja yang Anda butuhkan adalah modal untuk membeli bahan makanan. Kalau usaha Anda usaha percetakan, maka modal kerja Anda adalah uang yang Anda keluarkan untuk membeli bahan baku.

Kalau usaha Anda adalah jasa fotokopi, modal kerja Anda adalah uang yang Anda keluarkan untuk membeli kertas, tinta, dan lain sebagainya. Prinsipnya, tanpa modal usaha, Anda tidak akan bisa menyelesaikan order Anda atau tidak memiliki barang dagangan. Itulah pentingnya modal kerja.

3. MODAL OPERASIONAL

Modal yang terakhir adalah modal operasional. Modal operasional adalah modal usaha yang harus Anda keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari bisnis Anda. Contohnya pembayaran gaji pegawai, pulsa telepon bulanan, PLN, air, bahkan retribusi.

Bagian-bagian dalam modal usaha operasional ini pada setiap bisnis umumnya hampir sama. Ini karena pada prinsipnya, yang dimaksud dengan modal operasional adalah uang yang harus Anda keluarkan untuk membayar pos-pos biaya di luar bisnis Anda secara langsung. Jadi, Modal Operasional ini biasanya dibayar secara bulanan.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons