KETIKA MEMILIH BEKERJA DARI RUMAH

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Kita semua mungkin pernah merasa capek pergi ke kantor setiap hari. Merasa cemas karena tidak mempunyai cukup waktu untuk memelihara dan mendidik anak-anak di rumah.

Letih dengan lamanya waktu yang dihabiskan di jalan, pulang pergi dari rumah ke kantor, berangkat subuh pulang isya. Nah, barangkali telah tiba masanya bagi anda untuk memikirkan kemungkinan bekerja dari rumah.

Beberapa orang merasa lebih produktif bekerja dari rumah ketimbang di kantor. Hal ini berlaku untuk mereka yang pekerjaannya menulis, penerjemah atau membuat report.

Namun, ada beberapa bidang pekerjaan yang tak mungkin dilakukan di rumah karena memerlukan koordinasi langsung dengan rekan sekerja atau terhubung dengan sistem informasi kantor, seperti accounting. Anda harus bisa memilah.

Konsekuensi bekerja dari rumah salah satunya adalah kita harus dapat membuat pembatas antara wilayah kerja dan wilayah keluarga. Juga harus dipikirkan, apakah cukup aman menerima pembeli barang atau jasa yang belum kita kenal memasuki rumah kita? Apakah tidak mengganggu ketentraman rumahtangga? Apakah rumah kita cukup pantas dan dapat mewakili bisnis yang kita kelola?

Agar bekerja dari rumah tidak menimbulkan masalah, mungkin kita harus mengatur pertemuan dengan calon pembeli untuk bertemu di luar rumah, seperti di kafe atau perpustakaan atau di tempat-tempat umum yang nyaman.

Alamat surat-surat untuk bisnis bisa dilakukan dengan menyewa kotak pos, penerimaan telepon bisa dilakukan oleh mesin penjawab telepon, sehingga para calon pembeli atau pelanggan dapat meninggalkan pesan, bila kebetulan kita tidak ada di rumah.

Bekerja dari rumah punya banyak keuntungan. Misalnya, tidak terikat jam kerja, tidak harus kesal karena terjebak macet, dan jam kerja yang dapat diatur sendiri. Target kerja pun dapat ditentukan sendiri, tanpa berpatokan pada jam kerja. Namun, kendala pasti ada. Salah satunya sulitnya adalah memisahkan urusan rumah dan pekerjaan.

Beberapa hal lain yang juga patut diperhatikan ketika bekerja dari rumah antara lain:

a. Terorganisasi

Semua berawal dari pengaturan yang tepat. Gunakan ruang kerja sebagai tempat untuk berkarya. Letakkan lemari dengan banyak laci pengaturan untuk meletakkan barang-barang yang berhubungan dengan keperluan Anda dalam bekerja dari rumah

b. Bekerjalah dalam suasana yang tenang

Ketika kerja, usahakan suasana sekitar nyaman dan aman dari gangguan. Kecuali jika Anda ingin sekaligus mengawasi anak-anak. Saat anak-anak sekolah, Anda dapat bekerja dari rumah dalam suasana yang tenang. Tutup pintu ruang kerja agar terhindar dari gangguan. Beritahu anggota keluarga jam kerja Anda sehingga mereka mengerti dan tidak mengganggu waktu kerja Anda.

c. Privasi total

Jika ingin memiliki privasi total, buatlah ruang kerja yang terpisah dari rumah utama dan kunci pintu saat bekerja dari rumah

d. "Jangan ganggu saya"

Anda bisa menggantung tulisan tersebut di pintu kerja jika Anda benar-benar sedang bekerja dari rumah dengan serius dan tidak ingin diganggu.

e. mulai dengan perencanaan

Perencanaan sangat penting untuk menjalankan bisnis di rumah. Mulailah dengan langkah awal, yaitu menentukan nama usaha, alamat, nomor telepon, dan alamat e-mail. Akan lebih baik jika Anda melengkapinya dengan website agar profil usaha Anda dapat dipromosikan ke khalayak lebih luas.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons