Bekal untuk Anda yang Ingin Magang

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja pada pasar kerja dan dunia usaha, pelatihan kerja dapat diselenggarakan dengan sistem pemagangan. Sistem ini dimaksudkan untuk meningkatkan dan/atau mengembangkan keterampilan atau keahlian kerja tenaga kerja dengan bekerja secara langsung dalam proses produksi barang atau jasa di perusahaan

Pemagangan wajib diselenggarakan berdasarkan program yang disusun berdasarkan persyaratan dan kualifikasi jabatan, secara berjenjang sesuai dengan jenjang jabatan dalam perusahaan. Sistem ini juga dilaksanakan atas dasar perjanjian antara peserta dan pengusaha, sekurang-kurangnya memuat ketentuan hak serta kewajiban peserta dan pengusaha serta jangka waktunya. Jika hal ini tidak dilakukan, maka dianggap tidak sah dan status peserta dianggap sebagai pekerja perusahaan.

Tenaga kerja yang telah mengikuti program pemagangan berhak atas pengakuan kualifikasi keterampilan atau keahlian kerja dari perusahaan atau Pemerintah. Adapun pelaksanaannya dapat dilaksanakan di perusahaan sendiri maupun bekerjasama dengan tempat penyelenggaraan pelatihan kerja atau perusahaan lain, baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia.

Jika Anda ingin melakukan pemagangan yang dilaksanakan di luar wilayah Indonesia harus mendapat izin dari Menteri. Untuk memperolehnya, penyelenggara harus berbentuk badan hukum Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun tata cara perizinan diatur oleh Menteri.

Penyelenggaraan pemagangan ke luar wilayah Indonesia wajib memperhatikan :

a. harkat dan martabat bangsa Indonesia;

b. penguasaan keterampilan dan keahlian yang lebih tinggi;

c. perlindungan dan kesejahteraan peserta.

Pemerinatah dapat menghentikan pelaksanaan kegiatan ini apabila di dalam pelaksanaannya ternyata tidak sesuai dengan ketentuan

Pemerintah dapat mewajibkan kepada perusahaan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk melaksanakan pelatihan kerja pemagangan. Persyaratan tersebut tentu saja harus memperhatikan kepentingan perusahaan.

Pembinaan pelatihan kerja dan pemagangan ditujukan ke arah peningkatan relevansi, kualitas, dan efisiensi penyelenggaraan dalam rangka meningkatkan produktivitas, melalui pengembangan budaya produktif, etos kerja, teknologi, dan efisiensi kegiatan ekonomi, menuju terwujudnya produktivitas nasional.

Sebelum mengikuti proses magang, sebaiknya Anda selalu menentukan target: apa yang ingin Anda ketahui atau kuasai, pengalaman apa saja yang bisa Anda peroleh, berapa lama waktunya, dan lain sebagainya. Jika Anda berkesempatan memilih tempat pelaksanaan program ini, pertimbangkan dengan baik agar Anda memperoleh manfaat yang optimal dari proses tersebut. Bicarakan detil pekerjaan dengan supervisor Anda dan kemukakan hal-hal apa saja yang ingin Anda peroleh.

Berikut adalah sikap yang patut Anda pertimbangkan selama mengikuti magang:

1. Ingat, Andalah yang membutuhkan, bukan perusahaan

Oleh karena itu, pergunakan kesempatan yang diberikan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab lah terhadap tugas-tugas yang diberikan. Jangan sekali-kali Anda menganggap bahwa tanggung jawab Anda lebih rendah daripada karyawan lainnya.

2. Berinisiatif.

Jangan pernah berpikir bahwa orang lain akan dengan sukarela mengajari Anda. Upayakan untuk aktif bertanya dan mempelajari hal-hal yang masih baru bagi Anda.

3. Membangun jaringan.

Kesempatan ini juga dapat Anda pergunakan untuk menambah relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang mungkin nantinya dapat membantu Anda. Oleh karena itu, usahakan bergaul dengan sebanyak mungkin orang.

4. Temukan polanya.

Apa yang Anda lakukan selama magang mungkin hanya secuil dari keseluruhan dinamika perusahaan tempat Anda bekerja. Jangan pernah puas dengan hal tersebut, tetapi berusahalah untuk memperoleh "gambaran besar"-nya. Kenali bisnisnya dan budaya perusahaan tersebut.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons