Oleh: AsianBrain.com Content Team
Tidak bisa dipungkiri, saat ini setiap tahun jumlah pencari kerja semakin bertambah. Sayangnya, jumlah itu tidak sebanding dengan peluang kerja yang tersedia. Setiap terbuka lowongan kerja, maka jumlah pelamar akan berlipat kali daripada posisi yang dibutuhkan.
Tidak heran jika setiap tahun, negeri ini semakin bertambah jumlah penganggurannya. Dan, angka pengangguran yang ada tidak hanya berasal dari kalangan lulusan pendidikan rendah, bahkan tingkat sarjana ke atas, masih banyak yang sibuk mencari pekerjaan yang layak.
Berbagai lowongan kerja diserbu oleh ribuan pelamar, baik untuk perusahaan swasta maupun peluang CPNS ( Calon Pegawai Negeri Sipil). Agar proses pencarian kerja yang Anda lakukan sia-sia, Anda harus melakukan beberapa hal sebagai berikut :
1. Melengkapi keperluan administrasi sebaik mungkin
Salah satu kebutuhan yang diperlukan pelamar adalah memiliki kartu kuning, sebagai bukti orang yang bersangkutan terdaftar di Depnaker/Dinas Tenaga Kerja setempat sebagai pencari kerja (pencaker). Biasanya syarat ini juga tercantum dalam informasi lowongan kerja.
Tips Mendapatkan Kartu Kuning secara manual:
* Datang ke Depnaker/Dinas Tenaga Kerja setempat dengan membawa KTP asli dan fotokopi KTP, Foto 3X4 (2 lembar), Ijasah Asli dan fotokopi Ijasah dari SD, SMP, SMA,sampai perguruan tinggi/jenjang pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir oleh yang berwenang.
* Gratis, tidak dipungut biaya
Tips pembuatan Kartu Kuning secara Online :
* Klik Kartu Kuning Online
* Begitu jendela formulir terbuka, catat nomor pendaftaran yang terletak di pojok kiri atas.
* Isilah data dalam formulir secara benar berdasarkan data-data dokumen resmi pencaker (sesuai KTP, Ijazah dll).
* Klik tombol daftar yang terletak di pojok kanan bawah.
* Kartu AK1 akan diproses sistem dan dapat diambil pada hari berikutnya di Kantor Dinas Tenaga Kerja.
* Saat mengambil kartu AK1 Pencaker diwajibkan membawa:
- Nomor pembuatan kartu AK1 online Pencaker
- KTP (asli)
- Ijazah lengkap seluruh jenjang pendidikan yang ditempuh (asli atau fotocopy dilegalisir)
- Pas Photo warna ukuran 3 X 4 (1 lembar)
* Kartu AK1 langsung jadi saat itu juga setelah dicocokkan datanya dengan dokumen yang dibawa Pencaker.
2. Mencari informasi sebanyak-banyaknya
Anda bisa mengikuti milis dan web penyedia lowongan kerja, berlangganan koran lokal dan nasional, maupun searching. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Banyak perusahaan membuka informasi mengenai hal ini di web. Bahkan, Anda bisa menghemat biaya dengan melamar melalui website yang tersedia atau melalui email yang ditunjuk.
3. Membuat Surat lamaran dengan baik
Ketika membuat surat lamaran, sesuaikan dengan kebutuhan pencari kerja. Informasi lowongan kerja yang Anda terima, harus Anda pahami dengan baik. Selanjutnya, Anda harus memasukkan informasi mengenai diri Anda dengan jujur. Sebutkan prestasi dan keahlian yang Anda miliki. Sertakan daftar riwayat hidup, foto terbaru, serta nomor telepon yang mudah dihubungi.
4. Jangan bosan untuk mencari
Pesaing Anda tidak sedikit. Jika Anda memang pejuang sejati, maka Anda tidak mudah putus asa ketika gagal. Anda bisa memperdalam keahlian Anda, sambil terus mencari informasi lowongan kerja. Bahkan, Anda bisa mencoba untuk berbisnis sembari menunggu panggilan kerja yang sesuai dengan minat Anda.
0 komentar:
Posting Komentar