MELEJITKAN DIRI DENGAN IDE CEMERLANG

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Hampir semua bisnis di seluruh dunia dimulai dengan ide bisnis cemerlang. Salah satu buktinya adalah AsianBrain.com. Dalam usianya yang masih bayi, situs ini sudah memiliki ribuan anggota yang berasal dari berbagai kota, bahkan tidak sedikit anggotanya yang berada di luar negeri.

Ide bisnis yang mampu mendapatkan hasil yang menggiurkan ini bermula dari Anne Ahira. Coba kita perhatikan, dengan cerdas Ahira memanfaatkan keahliannya dan menjualnya pada target market yang tepat.

Pertanyaannya sekarang: Apa yang bisa kita lakukan untuk menciptakan ide bisnis yang baik di tengah kompetisi ketat saat ini? Ingat, faktor utama yang membedakan satu produk dengan beragam produk lainnya terletak pada ide itu sendiri dan orang yang menciptakannya.

Berikut 15 prinsip membangun sebuah ide bisnis yang cemerlang :

1. Prinsip Adaptasi : Cara paling mudah untuk menciptakan ide baru adalah dengan mengerjakan apa yang sedang orang lain kerjakan saat

ini. Tapi jangan asal mengekor. Perhatikan apakah ide bisnis ini bisa diadaptasikan ke bisnis yang Anda jalankan atau tidak.

2. Prinsip Nilai Lebih : Berikan penawaran lebih terhadap produk atau layanan, dimana pesaing kita tidak memiliki atau melakukannya.

3. Prinsip Kombinasi : Nilai lebih dari produk/layanan lain yang bisa digabungkan dengan produk yang kita miliki sehingga menjadikan produk kita lebih baik lagi.

4. Prinsip Personalitas : Memberikan sentuhan pribadi terhadap produk yang kita tawarkan pada pelanggan. Jika bisnis ini diterapkan untuk memulai ide bisnis, maka pastikan banyak pelanggan yang akan jatuh hati.

5. Prinsip Kemudahan : Mencari lebih banyak strategi untuk membuat produk atau layanan yang kita tawarkan lebih mudah untuk dibeli, digunakan, dimiliki dan direkomendasikan pada orang lain.

6. Prinsip Pengurangan : Meminimalisir keluhan pelanggan terhadap produk atau layanan yang kita tawarkan.

7. Prinsip Perluasan : Pastikan pelanggan puas dengan produk atau layanan yang kita tawarkan.

8. Prinsip Hiburan : Dengan prinsip memberikan ketenangan dan kesenangan pada pelanggan, ide bisnis bisa dikembangkan. Orang yang sedang bahagia biasanya akan melakukan pembelian dengan mudah.

9. Prinsip Tahan Lama : Pengalaman orang lain atau testimoni memiliki sifat tahan lama.

10. Prinsip Kemudahan Penggunaan : Kemampuan pelanggan untuk mengakses produk atau layanan yang kita tawarkan di lebih dari satu tempat.

11. Prinsip Minimalis : Mengurangi fitur tertentu untuk membuat produk yang kita jual lebih efisien, lebih mudah disimpan atau dibawa bahkan lebih mudah untuk digunakan.

12. Prinsip Kebalikan : Ide bisnis yang dimulai dengan cek fitur atau layanan apa yang ditawarkan dan tidak ditawarkan oleh pesaing.

13. Prinsip Keamanan : Tonjolkan layanan yang bisa memberi rasa aman dan resiko yang kecil.

14. Prinsip Kecepatan : Sangat penting untuk melakukan sesuatu lebih cepat dari pesaing kita tanpa mengurangi kualitas. Seperti memenuhi pesanan, layanan, hasil, pengiriman barang dan keluhan.

15. Prinsip Melawan Arus: Salah satu kunci kesuksesan adalah mau mengerjakan sesuatu yang tidak disukai oleh para pesaing, karenanya ide bisnis yang dikembangkan berharap mendapatkan celah pelanggan yang tidak dibidik oleh pesaing kita.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons