Kunci Sukses Komunikasi Bisnis

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Bagaimana jadinya jika dalam sebuah perusahaan terjadi komunikasi bisnis yang tidak berjalan dengan baik? Dapatkah Anda bayangkan jika seorang karyawan tidak bisa memahami perintah atasan dengan baik?

Atau, bagaimana jika partner bisnis salah memahami kontrak kerja yang kita ajukan? Atau, apa jadinya jika pelanggan tidak lagi setia hanya gara-gara pelayanan kita yang dinilai tidak sopan?

Masalah komunikasi sangat penting dalam dunia usaha. Komunikasi bisnis melibatkan pertukaran informasi yang konstan. Ini merupakan proses berkesinambungan.

Semakin ingin Anda memperluas usaha, Anda harus lebih menekankan usaha untuk mencari cara komunikasi yang lebih efektif, baik dengan karyawan, mauoun dengan dunia luar.

Jadi, komunikasi dan bisnis berjalan saling bahu membahu. Tanpa komunikasi efektif, seorang manajer tidak dapat menjalankan fungsi dasar manajemen dengan efisien. Ini menjadi urat nadi sebuah organisasi atau perusahaan.

Untuk komunikasi yang baik dalam bisnis, kita harus memastikan hal berikut:

1. Komunikasi bisnis dalam setiap usaha, baik tertulis atau lisan, harus disusun berdasarkan logika, yaitu, harus memiliki permulaan yang baik, isi yang bagus, dan penutup yang efektif.

Baik itu surat bisnis atau sambutan usaha, komunikasi harus dimulai dengan cara yang bisa menarik perhatian pengunjung dan bisa menyampaikan pesan dengan baik. Isi komunikasi harus memberikan inti pesan.

Komunikasi harus berakhir dengan cara untuk mengetahui apa yang diharapkan dari pengunjung dan mereka mendapatkan inti pesan yang kita sampaikan.

2. Gunakan alat komunikasi yang baik, mengacu pada kendala waktu dan biaya. Pilihan yang tepat juga tergantung pada jumlah yang diperlukan dan kecepatan respon yang diperlukan.

3. Komunikasi bisnis harus bisa jelas dipahami dan ringkas. Pastikan, penggunaan kata yang memiliki makna ganda harus dihindari.

4. Komunikasi yang diadakan harus bisa mempengaruhi dan meyakinkan. Lihatlah contoh yang disampaikan AsianBrain.com, dimana pengunjung web diyakinkan dengan banyaknya testimoni dari para member yang sudah berhasil.

5. Komunikasi bisnis harus sopan. Perilaku santun menjadi inti dari perilaku bisnis.

6. Bahasa tubuh yang positif harus digunakan. Misalnya, pada saat pertemuan dan wawancara, sering-seringlah mempertahankan kontak mata, dan berikan senyuman, sehingga membuat semua merasa nyaman.

7. Umpan balik merupakan komponen penting komunikasi bisnis. Tanpa umpan balik, akan mustahil untuk mengetahui apakah pesan kita telah dipahami dengan baik atau tidak

8. Coba lebih banyak menggunakan kata ''Anda "daripada" Saya ". Anda harus membuat para pengunjung untuk merasa dihargai dan dianggap penting.

9. Jadilah pendengar yang aktif. Cara meningkatkan kualitas komunikasi bisnis adalah jika salah satu mau menjadi pendengar yang baik. Satu harus mendengarkan positif, harus mau membuka hati dan penuh perhatian.

10. Fakta-fakta yang diungkap tidak boleh sebagian, tetapi harus tuntas. Penerima pesan yang mungkin menjadi bingung atau mungkin mengambil tindakan yang salah jika fakta-fakta yang disebutkan tidak lengkap.

11. Fakta-fakta yang diungkapkan dalam komunikasi bisnis harus yang terbaru dan tidak ketinggalan jaman.

Itulah kunci sukses komunikasi bisnis. Upayakan untuk selalu memerhatikan dan memraktekkan poin-poin tersebut, untuk meraih sukses bisnis Anda di masa depan. Selamat mencoba!

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons