SEJAHTERA DENGAN PENGHASILAN TAMBAHAN

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Penghasilan tambahan dapat sangat membantu meningkatkan ekonomi keluarga, untuk tambahan uang kuliah, uang jajan, atau untuk beli baju di hari lebaran. Bahkan, sangat banyak orang yang side jobnya justru melebihi penghasilan (gaji) kantoran.

Salah satu kunci kesejahteraan keuangan dalam keluarga sebetulnya bukanlah pada seberapa besar jumlah penghasilan Anda, tapi bagaimana Anda mengelola penghasilan tersebut.

Berapapun besarnya penghasilan dalam keluarga Anda, kalau Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik, maka kesejahteraan tidak akan bisa Anda raih.

Penghasilan tambahan bagi sebagian orang bukan hanya karena secara keuangan dia sangat kekurangan. Bisa jadi orang yang telah mempunyai penghasilan tinggi dan lebih dari apa yang dia belanjakan perbulannya, masih tetap ingin mencari tambahan pendapatan.

Setiap orang punya alasan sendiri-sendiri mengapa mencari penghasilan tambahan. Ada yang memang karena masih sangat kekurangan pendapatan, ada yang sekedar hobi, ada yang hasilnya untuk beramal, dan ribuan alasan lainnya.

Mencari penghasilan tambahan bisanya dilakukan oleh orang-orang yang berstatus karyawan atau PNS selepas jam kantor. Kita tahu, penghasilan seorang karyawan atau PNS mungkin cukup kalau hanya untuk mengontrak rumah dan makan sehari-hari, namun jika kita ingin membayar uang muka rumah, atau jika kita ingin menyekolahkan anak dengan biaya pendidikan yang tinggi, tentu tidak akan cukup.

Penghasilan yang besar memang tidak menjamin bahwa keluarga Anda bisa mencapai kesejahteraan keuangan, tapi penghasilan yang besar bisa membantu keluarga Anda mencapai kesejahteraan.

Jadi sekali lagi, penghasilan yang besar tidak menjamin, tetapi hanya membantu. Karena itu, akan lebih baik kalau Anda bisa menambah sumber pendapatan Anda dengan mencari penghasilan tambahan.

Ada sejumlah cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dalam keluarga Anda:

1. Menjadi karyawan
2. Berwiraswasta
3. Kerja Sampingan
4. Berinvestasi

Menjadi karyawan

Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja di sebuah perusahaan. Anda bisa bekerja sebagai seorang sekretaris, karyawan bagian pembukuan, administrasi, atau apa pun itu. Yang penting, Anda mendapatkan gaji.

Jadi kalau pada saat ini Anda tidak bekerja dan hanya suami Anda yang bekerja (sebagai karyawan juga misalnya), maka dengan sekarang Anda juga bekerja sebagai karyawan, maka akan ada dua gaji dalam keluarga Anda.

Berwiraswasta

Kalau Anda punya keahlian khusus, Anda bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan tambahan dari situ. Contohnya, kalau Anda bisa menyanyi, Anda bisa menyanyi di pesta-pesta dan mendapatkan honor. Mungkin Anda bisa mengajar? Yah, kalau Anda bisa mengajar, Anda bisa mengajar dan mendapatkan honor.

Kerja Sampingan

Kenapa Anda tidak mencoba menjalankan sebuah usaha sampingan? Anda bisa membuka toko atau warung. Anda bisa buka biro jasa yang menjual segala macam jasa. Mungkin juga sebuah usaha jahitan. Kenapa Anda tidak mencobanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan?

Berinvestasi

Anda punya uang berlebih? Kenapa tidak menginvestasikannya saja? Jika Anda punya Rp 1 juta, mungkin itu bisa Anda depositokan. Anda akan dapat bunga, dan bunga itulah tambahan penghasilan Anda.

Mencari Penghasilan Tambahan sebetulnya tidak sulit. Yang penting Anda punya kemauan. Bila Anda tidak memiliki kemauan, maka cara apa pun yang ditunjukkan kepada Anda akan sulit Anda terima.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons