Varc, Distro untuk Kelas Atas

Varc, Distro untuk Kelas Atas
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Penggemar distro notabene adalah anak muda. Tapi tidak begitu untuk Varc. Varc yang merupakan akronim dari pemiliknya Vaico, Aldo, Ryan dan Cuan Cuan, menargetkan pengunjung Varc untuk kelas menengah atas.

Varc, berada di kawasan factory outlet Jalan Martadinata, satu kawasan dengan FO Unusual. Hal inilah yang menjadi alasan pasar Varc berbeda dengan distro pada umumnya.

Pembelinya pun adalah orang-orang yang memang seringkali berbelanja di FO. "Karena kita berada di lingkungan FO jadi pasarnya bukan anak muda banget, tapi mahasiswa cenderung dewasa," tutur Anne Inggriani, shop keeper Varc.

Karena kelas yang dituju pun berbeda, Varc juga menyediakan produk-produk khusus yang kualitasnya lebih tinggi. Tapi tentunya tidak keluar dari konsep distro yang identik dengan kaos.

Bedanya, untuk produk kaos laki-laki atau disebut Varc King, dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas biasa dan premium. Perbedaannya terletak dari sisi bahan baku, gramasi dan tentunya berimbas pada harga. Kelas premium, ujar Anne, bahan bakunya bukan dari lokal. Teksturnya lebih lembut dengan gramasi yang lebih ringan.

Selain itu juga produksinya terbatas. Dalam sebulan bisa dua kali produksi dengan jumlah artikel sebanyak 13 dan per artikelnya 40 pieces.

Harganya pun tentu berbeda dengan kebanyakan distro yaitu Rp 135 ribu. Beda juga dengan kelas biasa yang harganya Rp 99 ribu. Sebaliknya dengan kelas premium, bahan baku kelas biasa berasal dari lokal dengan gramasi yang lebih berat.

Kelas premium juga dimiliki produk kemeja. Varc mengeluarkan produk kemeja tapi hanya empat model dengan dua warna hitam dan putih. "Kemejanya juga kemeja premium dan penjualannya cukup bagus," tuturnya.

Satu model kemeja hanya diproduksi 24 pieces dengan harga antara Rp 195 ribu sampai RP 200 ribu. Tapi biarpun mahal, menurut Anne, kelas premium ini banyak peminatnya. Bahkan bisa jadi lebih banyak dari kelas biasa. Kebanyakan pembeli adalah wisatawan dari Jakarta dan Malaysia.(ema/avi)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons