Hunting Souvenir Pernikahan di Cibadak Yuk!


Bandung - Rayagung bagi masyarakat Sunda adalah bulan yang istimewa. Bulan ini kerap dijadikan momentum yang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Dalam kalender Hijriah, bulan Rayagung adalah bulan Zulhijah. Tapi nama Rayagung lebih banyak digunakan oleh umat Islam di Indonesia.

Imbasnya tentu saja pada pengusaha yang terkait dengan pernikahan, undangan, penata rias, sampai souvenir pernikahan.

Jika anda berniat melangsungkan rencana agung ini di bulan Rayagung yang sebentar lagi akan datang, untuk mencari souvenir, Jalan Cibadak adalah tempat yang bisa anda kunjungi.

Meski hanya beberapa pedagang, termasuk pedagang souvenir kaki lima yang berjualan di trotoar, souvenir-souvenir di tempat ini bisa dikatakan komplit.

Dari mulai kreasi-kreasi murah meriah seperti hiasan tas mini seharga Rp 500 per buah sampai souvenir porselen yang eksklusif seharga Rp 7 ribu per buah.

Dituturkan Sugeng (25) pegawai Vin's Souvenir tempat ini memang paling ramai dikunjungi saat bulan Rayagung. Satu bulan selepas itu kembali sepi lalu ramai kembali.

Meski tidak seramai bulan Rayagung diakuinya pembeli souvenir selalu ada setiap hari. Bahkan menurutnya souvenir-souvenir di tempat ini dalam waktu 3-4 hari saja bisa langsung habis.

Anehnya para pembeli lebih banyak dari luar kota seperti Jakarta. "Untuk warga Bandung sendiri terbilang jarang," tutur Sugeng. Menurut Sugeng, pembeli luar Bandung biasanya membeli souvenir minimal 1.000 buah.

Souvenir tersebut dijual per bungkus yang berjumlah 50-100 buah per bungkusnya. Dimulai dari Rp 30 ribu per bungkus sampai Rp 700 ribu dengan pembelian minimal 100 buah. Jika ingin lengkap dengan kartu ucapan terima kasih minimal pemesanan 300 buah.

Sugeng menuturkan 90 persen souvenir yang ada di tempat ini adalah dari Cina. Kipas merupakan souvenir yang paling banyak dicari pembeli.

Jika ingin lebih komplit lagi anda bisa melengkapi souvenir dengan tas khusus souvenir. Di Jalan Cibadak ini sejumlah pedagang tas souvenir berderet menawarkan pembungkus souvenir yang menarik. Tas-tas tersebut menggantung bergiyang-goyang tertiup angin. Selamat berburu souvenir!
(ema/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons