Bermain Sambil Belajar di Taman Kupu-kupu


Bandung - Bosan dengan tempat wisata yang terkesan sama saja? Bagaimana kalau mencoba wisata edukasi di Taman Kupu-kupu. Karena selain sebagai tempat wisata, di taman tersebut banyak pengetahuan seputar makhluk cantik ini.

Taman Kupu-kupu terletak di Jalan Raya Cihanjuang Km 3,3 No 58, Desa Cibaligo, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Lokasi ini baru dibuka pada 29 Januari lalu. Meski terbilang baru, namun taman ini cukup menarik perhatian masyarakat. Tempatnya masih asri dan hijau, ditambah penataan tempat yang begitu apik.

Selain menikmati pemandangan yang menarik, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan seputar kupu-kupu.

"Bisa dibilang ini adalah wisata pendidikan. Karena anak-anak bisa tahu proses perkembangan kupu-kupu," ujar Peneliti Kupu-kupu Indonesia Ayam Hugeng yang menjadi konsultan Taman Kupu-kupu.

Luas keseluruhan area Taman Kupu-kupu ini mencapai 1,7 hektar. Ada sekitar 300 kupu-kupu dari 35 jenis yang ditangkarkan setiap harinya di tempat ini. Mereka terbang dalam sebuah di taman terbuka seluas 1.800 meter persegi yang dilapisi pagar dan jaring.

Pengunjung yang masuk ke taman kupu-kupu akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan apa saja yang ingin diketahui seputar Taman Kupu-kupu dan kupu-kupu itu sendiri.

Masuk ke taman ini pengunjung harus membayar Rp 10 ribu, itu sudah termasuk dengan welcome drink yang didapat dengan cara menukar tiket dan juga peminjaman topi untuk berkeliling taman.

Lina (33) seorang pengunjung yang merupakan warga Kota Bandung ini mengaku puas mengajak anak semata wayangnya yang baru berumur 6 tahun. "Bagus juga yah tempatnya, sekalian bisa ngajarin tentang alam pada anak juga," katanya.

Taman Kupu-kupu dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Namun biasanya pada hari Senin hingga Jumat, taman ini digunakan untuk waktu kunjungan sekolah meski tetap membuka untuk umum.

Jika ingin mencari souvenir, ada toko aksesoris yang menjual berbagai pernak-pernik serba kupu-kupu. Atau bila merasa lapar, ada tempat makan di seberang taman yang bisa dikunjungi. Ada sekitar 16 meja bertenda yang bisa digunakan untuk duduk-duduk atau makan.(tya/bbn)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons