Intip Tips Merawat Bahan Rajut

Intip Tips Merawat Bahan Rajut
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Masih sangat jarang orang yang peka terhadap cara perawatan pakaian yang di kenakan setiap hari. Meskipun petunjuk pemakaian sudah tertera dengan jelas, masih saja tidak mengnggap itu penting.

Jika saja sedikit peduli terhadap pola perawatan, tak hanya bisa menjaga kualitas kain dalam jangka waktu cukup lama tapi juga bisa menghemat agar tak boros membeli baju.

Padahal perawatan kain juga cukup sederhana, misalnya kain rajut. Menurut perajin rajut Sae Knit Art yang juga berprofesi sebagai asisten dosen jurusan tekstil ITB, Esty mengatakan kalau rajut tidak boleh disetrika dengan setrika biasa harus di steam atau setrika uap. Sebab jika dengan setrika biasa akan merusak kain tekstur kain. Kain akan menjadi mengkilat.

"Selain itu dengan setrika biasa akan mengoyak-ngoyak atau menarik-narik serat kain sehingga membuat baju melebar," jelas Esty.

Dalam mencuci, jika menggunakan mesin cuci jangan dicuci dengan kecepatan tinggi karena itupun akan merusak serat kain. Ketika menjemur sebaiknya tidak menggantung atau menjepitnya karena akan meninggalkan bekas gantungan atau jepitan pada bagian yang digantung atau dijepit.Nah, cukup mudahkan untuk menyayangi pakaian rajut kesayangan?

Esty menambahkan, bahan rajut yang paling baik yaitu dari serat alam, misalnya katun atau wool. Kalau bahan serat alam itu ketika dipakai tidak akan membuat badan kepanasan. Lain halnya dengan bahan sintesis yang kalau dipakai malah membuat kegerahan.(ema/afz)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons