Kreatifitas Baru Boeatan Bandung

Kreatifitas Baru Boeatan Bandung
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Kreatifitas orang Bandung memang tak pernah mati. Bak jamur, satu kreatifitas melahirkan kreatifitas lainnya. Setelah di tahun 93-an muncul rumah kreatifitas yang bergerak dibidang aksesoris dengan nama Bagus-bagus, sebagai turunannya, muncul Boeatan Bandung Bagus-bagus yang baru berdiri di tahun 2008. Berawal dari anggapan bahwa orang Bandung itu memiliki kreatifitas dari segi apapun. Ketika negara- negara lain memiliki kebanggaan dengan membuat merchandise apapun tentang negaranya, mulai dari pembuatan pernak-pernik hingga gantungan kunci. Dari pemikiran itulah muncul keinginan untuk membuat merchandise untuk kota Bandung.

"Kami beranggapan orang Bandung itu kreatif dari segi apapun, dari pemikiran itulah ingin membuat tempat merchandise khusus Bandung," tutur pemilik Boeatan Bandung Bagus-bagus, Ari Babon.

Setiap bulannya, Boeatan Bandung Bagus-bagus mengeluarkan 20 desain t'shirt berseri dengan pin dan stiker. Bulan Februari, mengeluarkan edisi mug, aneka kaulinan barudak seperti toleat, kolecer yang bisa dijadikan pajangan. Maret ini, akan dikeluarkan edisi pemantik khas Boeatan Bandung. Setiap edisi bisa berseri setiap bulannya. Misalnya, untuk kaos selalu ada produk lain dengan desain atau tipografi yang sama, bisa pin atau stiker.

Uniknya, pengemasan t'shirt menggunakan buluh bambu yang di desain sedemikian rupa hingga terlihat begitu artistik. "Bambu sebagai salah satu khas etnis Sunda. Dengan bambu, akan lebih ramah lingkungan sekaligus sebagai bentuk artikulasi tentang bambu," jelas Ari.
Dalam proses kreatifnya, Boeatan Bandung Bagus-bagus tak sekedar mencipta dan menjual, tetapi ada proses dialog terlebih dahulu dalam menunjukan ikon-ikon kota.

Misalnya Gedung monumental Bandung, Gedung Sate. Contoh lain untuk para orang tua yang dulu pernah main kebut-kebutan di Jalan Braga, tersedia kaos dengan tulisan 'Pernah Ngebut di Braga'. Untuk anak muda, dari segi tipografi ada kaos bertuliskan 'Distro, Cihampelas, Factory outlet, brownies amanda,.... Macet Pisan', dan lain-lain.

Proses kreatifnya sendiri melibatkan tiga desainer dan satu art director. Setiap konsep desain tak hanya menuangkan perpaduan warna dan nilai estetika, tetapi juga melibatkan nilai historikal. Misalnya, ada kaos bertuliskan Bandung 0 kilometer. Di atas kaos tersebut digambarkan peta Bandung berikut jarak per kilometernya.

Dari sisi edukatif, di bulan Maret dan April, akan mengeluarkan edisi permainan rakyat. Di mana di dalamnya terdapat gambar, pembuatan, berikut sejarah permainan rakyat tersebut. T'shirt bisa dibeli dengan harga Rp 75 ribu.
Saat ini, Boeatan Bandung Bagus-bagus hanya berada di Kukuruyuk weekend Market, yang bisa diakses dari Jl. Mochamad Toha, dekat gerbang Tol Mochamad Toha. Sedangkan Bagus-bagus sendiri sudah bisa didapatkan di BSM, BIP, dan beberapa mall lainnya di kota Bandung.

Pokoknya, 'Luak lieuk, turas taros, tuang teuing, olah oleh, Boetan Bandung Bagus-bagus' (Lihat-lihat, tanya-tanya, oleh-oleh, Boetan bandung Bagus-bagus), demikian satu tulisan nyeleneh yang tertera di salah satu t'shirt buatan Boetan Bandung Bagus-bagus.
(ema/ern

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons