Memacu Si Popeye, Gonzales dan Spongebob


Bandung - Setiap kuda tunggang di Taman Cilaki, Jalan Cisangkuy, memiliki julukan. Ada kuda
bernama Si Popeye, Spongebob, Dewa, Paris, Ronal, Yoyo dan lainnya. Nama nyentrik itu sengaja disematkan sebagai daya tarik pengunjung.

Wakil Ketua Sarumpi Saluyu Baru Wisata Kuda Cisangkuy, Wawan alias Ameh (41) mengatakan, kuda sengaja diberi julukan supaya anak-anak gampang mengenalinya.

"Di tempat ini kan banyak kuda. Diberianya nama, agar pengunjung terutama anak-anak mengingat mengingat kuda yang ditungganginya," terang Ameh kepada detikbandung.

Ameh menambahkan, pemberian julukan digulirkan para pemilik kuda sejak 2008 lalu. Nama kuda tertulis di bagian sadal.

"Nah, pilihan nama kuda merupakan kreatif si pemiliknya. Ada yang ngasih nama tokoh kartun, ada juga memberikan nama orang dan macam-macam lagi,'' ujar Ameh yang kudanya disapa Si Popeye.

Identitas setiap kuda, kata Ameh, bukan sekadar mencari perhatian pengunjung saja. Justru dengan disematkannya julukan, bisa menggaet pelanggan.

"Misalnya ada seorang anak naik kuda Si Popeye minggu ini, nah minggu depan dia bakal mencari Si Popeye lagi. Yang seperti ini sudah sering dirasakan pemilik kuda," ungkapnya sambil menuju sebuah mobil sedan plat B yang di dalamnya ada seorang bocah perempuan memanggil Si Popeye .

Sejenak obrolan terhenti. Ameh mesti bertugas. Sebanyak empat keliling bocah itu asyik naik Si Popeye. Singkat cerita, usai melayani pengunjung, pembicaraan pun dilanjutkan. Ameh tampak lelah.

Ameh menuturkan, anak-anak akan berkesan dan menceritakan kepada teman-temannya soal kuda yang dipilhnya. "Nanti kan mereka cerita ke temannya, sambil mengatakan nama kuda yang ditungganginya," ucapnya.

Jasa tunggang kuda di Taman Cilaki, Jalan Cisangkuy, Kota Bandung, hanya menyapa pengunjung tiap Sabtu dan Minggu. Satu kali putaran mengelilingi Taman Cilaki sejauh sekitar 200 meter ini tarifnya Rp 7.500 per orang. Bila kuda ditumpangi dua orang tarifnya Rp 10 ribu.

Tempat tersebut menjadi salah satu objek wisata keluarga di Kota Bandung yang menjadi primadona wisatawan domestik dan nusantara. Aktivitas para 'koboi' ini digelar mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB(bbn/ema)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons