Sablon Instant, Bikin Baju Cepat Berwarna

Selasa, 26/08/2008 15:11 WIB
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Serba instant, begitulah yang dicari banyak orang di tengah kesibukannya saat ini. Dari mulai produk makanan, kerudung instant, sampai produk-produk berbau teknologi berembel-embel instant sebagai tanda mudah dan cepat.

Di dua event yang mengikutsertakan Industri Kecil Menengah (UKM) yaitu Jabar Expo di Graha Manggala Siliwangi dan di Temu Pesantren, Gasibu, sebuah stand menghadirkan sablon instant.

Kaos-kaos polos putih dengan sedikit sentuhan warna di bagian kerah, atau strip-strip sederhana di bagian tangan, dengan cepat bisa langsung segar dengan gambar.

Dengan menggunakan cat sablon khusus dan obat yang mempercepat pengeringan sablon, sehingga proses pembuatan bisa ditunggu tanpa lama. Kaos-kaos yang kebanyakan diperuntukan untuk putra-putri anda ini bisa disablon dengan beragam gambar figur karton yang lucu.

Entah itu Winnie The Pooh, Sun Go Kong, Naruto, Mickey Mouse, Dora the explore dan lain-lain. Bisa juga diaplikasikan nama-nama putra-putri anda. Harganya berkisar dari Rp 15 ribu sampai ukuran dewasa seharga Rp 40 ribu. Untuk kaos berwarna hitam ditambah Rp 2.500. �

Menurut tukang sablonnya, Daud, sablon instant ini hanya bisa ditemukan dalam acara pameran-pameran saja, pihaknya tidak memiliki outlet secara khusus. Untuk workshopnya sendiri berada di kawasan Padasuka Jalan Pasirlayung Blok E No 5.

Tak perlu ke tempat workshopnya di Jalan Pasirlayung untuk melihat langsung pembuatannya. Sambil menunggu proses sablon selesai, pemesan bisa menunggu sambil melihat proses penyablonan berlangsung.

Ada screen, yaitu alat yang digunakan untuk mengaplikasikan cat ke kaos, kuas, cat sablon, dan hairdryer untuk mengeringkan.

Untuk awal tentu saja pilih ukuran dan desain yang diinginkan. Dalam satu screen bisa terdiri dari empat bagian dari figur yang akan disablon. Hal itu tergantung dari berapa warna yang ada di figur tersebut.

Misalnya untuk tokoh lucu winnie the pooh. Winnie memiliki empat warna berbeda di tubuhnya, merah, biru, kuning dan hitam. Maka dalam screen ada empat bagian tubuh dari mulai skets awal tubuh utuh, kemudian bagian per bagian yang memiliki warna berbeda. Jika ada unsur warna lain, warna-warna primer yang ada tinggal dicampurkan.

Tukang sablon tinggal mengaplikasikan warna melalui screen secara berurutan untuk menghasilkan gambar figur yang diinginkan. Pengerjaan akhir yaitu di hairdryer, walaupun katanya dengan dianginkan pun bisa cepat kering. Tidak kurang dari 15 menit anda sudah bisa langsung membawa pulang untuk diberikan pada putra-putri anda.

Tentu saja, jika berniat memesan jangan sampai melewati tanggal 27 Agustus 2008, sebab dua pameran tersebut akan berakhir pada tanggal tersebut.(ema/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons