iHAQi, Dakwah Kreatif Lewat Kaos Oblong

Rabu, 31/12/2008 07:59 WIB
Ema Nur Arifah - detikBandung

Dakwah Kreatif Lewat Tshirt
Bandung - Kebaikan ternyata bisa dilakukan dengan berbagai media. Begitupun dakwah yang tak selalu paparan di atas mimbar atau majlis ta'lim, tapi bisa dibalut dalam ranah komunikasi yang lebih bebas.

Misalnya iHAQi yang melakukan dakwah lewat kaos oblong. Gagasan kreatif ini muncul awalnya dari perkumpulan masjlis ta'lim iHAQi dengan trainer utama Dody Koesdijanto. Majlis ta'lim ini sebagai salah satu unit dari PT Diplus Indonesia pimpinan Eric Yusuf. Dari mulai pembuatan buku perjalanan waktu iHAQi, training iHAQi hingga akhirnya melebar ke pembuatan t-shirt.

Menurut Supervisor Training Management iHAQi, Wina (32) bisnis kaos ini dimulai setahun lalu. Tema-tema yang diangkat seputar Islam tapi dengan desain yang tidak monoton. Selain unik, banyak desain-desain nyeleneh plesetan dari merek-merek ternama yang pasti akan membuat tertarik.

Misalnya, kata-kata dalam logo Harley Davidson diubah menjadi Muslim Haram Su'udzon, S.W.A.T artinya Shalat Waktu Adzan Tiba, tulisan S dalam Superman diganti dengan angka 5 yang diiringi tulisan 'Muslim Ritual Pray'. Selain itu ada juga yang dikaitkan langsung dengan ayat Al-Qur'an, misalnya gambar gajah yang dibawahnya dituliskan angka surat dan ayat yang menunjukan surat Al-fill yang bercerita tentang gajah, Save Our Planet yang dikaitkan dengan surat Al-aqoarah ayat 11, atau tulisan Jurassic Park diplesetkan jadi 'Jujur Yuk Pak!' sebagai bentuk dakwah anti korupsi dan desain-desain lainnya yang secara keseluruhan sudah lebih dari 40 desain.

"Sekecil apapun bisa kita jadikan untuk dakwah," tutur Wina saat ditemui di stand iHAQi dalam gelaran Braga Festival. Meskipun menurut Wina desain yang ditawarkan tak selalu desain-desain nyeleneh, Wina berharap melalui desain-desain tersebut secara tidak langsung bisa mengingatkan tak hanya kepada si pemakai tetapi pada yang melihat tulisan tersebut. Wina mencontohkan tulisan S.W.A.T, Shalat Waktu Adzan Tiba yang mengingatkan orang untuk shalat.

"Kita saling mengingatkan," ujarnya.

Kaos-kaos keren ini bisa didapatkan di Bandung Indah Plaza lantai 1. Selain itu, setiap akhir pekan iHAQi memiliki mobile store yang berkeliling di Jalan Riau. Untuk hari Jumat biasanya berjualan di masjid-masjid. Harga kaos anak Rp 60 ribu, laki-laki dewasa Rp 80-85 ribu sedangkan perempuan dewasa Rp 90 ribu. Sebanyak 2,5 persen dari keuntungan penjualan kaos akan dizakatkan.

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons