T-shirt, Media Baru Membaca Berita

T-shirt, Media Baru Membaca Berita
Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Informasi terkini seputar peristiwa yang menjadi sorotan ternyata tak hanya terekam oleh media elektronik maupun cetak. Kreatifitas anak muda Bandung yang seolah tak surut bisa membuat sebuah peristiwa terekam dalam t'shirt. Itulah yang menjadi jualan distro Ian's Report.

Ian's Report, nama ini diambil dari nama si pemilik, Andrian Tristianto yang akrab dipanggil Rian, putra raja FO Bandung Ferry Tristianto. Lokasinya pun bersebelahan dengan Galeri Lelaki yang dikelola oleh sang ayah, yaitu di Jl RE Martadinata No 36.

Menurut Manager Ian's Report Licky Chandra, report bisa diartikan berita, berita dari Ian untuk masyarakat yang terdokumentasikan melalui fashion. Berita tersebut bisa menjadi pesan moral yang ingin disampaikan kepada masyarakat tentang peristiwa yang berlangsung. Maka, an Daily Read Wear pun diambil sebagai tagline dari distro yang satu ini.

Kasus Adam Air misalnya, dalam t shirt digambarkan adanya kapal terbang yang tersangkut di sebuah pohon. Tulisan bernada pertanyaan 'Where's Adam?' menjadi triger yang menunjukan bahwa desain dan tulisan tersebut menggambarkan kasus Adam Air. Kasus IPDN digambarkan dengan bentuk telapak kaki yang digantungkan label di jempol kaki seperti di kamar jenazah, labelnya bertuliskan 'Death During Training'. 'Run Forest Run' dibuat sebagai bentuk keprihatinan akan perusakan hutan di tanah air. Atau tulisan sederhana seperti 'Choose Me' untuk mendukung Jawa Barat yang kini dalam atmosfer Pilkada.

Menurut Licky, distro yang berdiri pada tahun 2006 ini awalnya berupa clothing. Namun beberapa bulan ini, tepatnya d 2008 Ians Report mulai mengambil beberapa koleksi dari clothing lain. "Agar koleksi kami lebih banyak," tutur Licky. Meskipun diakui Licky koleksi Ians Report masih mendominasi sebanyak 70-80 persen. Produk-produknya pun lebih banyak untuk kaum laki-laki.

Ditambahkan Sandy, desainer Ian's Report ada sekitar 10 clothing yang produknya ada di tempat ini seperti Indigo, Almost, Battle Royale dan brand lain Ians Report, Peep Pin. Menurut Sandy, desain-desain t'shirt Ian's report menggunakan vektor Grafis.

Sebelumnya, ungkap Licky, Ian's Report selalu meng up date setiap informasi ke dalam t'shirt seminggu setelah peristiwa berlangsung. Namun, kini lebih memfokuskan pada hal-hal yang sifatnya lebih global. "Pasar ternyata tidak terlalu antusias terhadap berita-berita yang spesifik," tutur licky.

Ian's Report memproduksi t'shirt, sweater, jaket, topi, tas, aksesoris, dompet juag ikat pinggang. Untuk t'shirt harga standar dari Rp 75-85 ribu, jaket Rp 100-150 ribu, tas sekitar Rp 1000 ribuan. Jika sudah biasa membaca berita di koran, televisi atau lainnya, kenapa tidak mencoba membaca informasi itu di Ian's Report Daily.

(ema/twi)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons