Risiko Jualan Online, Siap-siap Desain Dibajak


Avitia Nurmatari - detikBandung

Bandung - Memilih berjualan secara online, bukan tanpa risiko. Pri Agung, Owner Samesame Clothing, mengaku banyak desain-desain baju karyanya yang dicontek oleh orang lain.

"Sejauh ini ada sekitar 4 sampai 5 desain yang diambil orang. Sejak 2009 sudah ada sekitar 100 desain yang saya buat," kata Agung.

Dua tahun lebih menggeluti jualan online, menurut Agung salah satu kunci utama keberhasilannya adalah mempunyai Cuctomer Service (CS) yang ramah. Berdasarkan pengalamannya, ramah atau tidaknya CS berpengaruh terhadap penjualan.

"Dulu pernah CS-nya kurang ramah, itu pengaruh ke penjualan. Setelah ganti dan CS-nya lebih ramah, jualan saya ramai," kata Agung.

Cukup berhasil dalam bisnis onlinenya, kini Agung berkeinginan membuka toko. Namun tidak di Indonesia. Agung mengaku ingin membuka tokonya di luar negeri, yakni di Singapura.

"Ada cita-cita buka toko, tapi bukan di Indonesia. Pasarnya pengen go international. Jadi pegennya buka toko di luar negeri, di Singapura lah biar enggak terlalu jauh," kata Agung yang punya jargon 'Together is Better' bagi produknya itu.

Oh iya, bagi Anda yang ingin mencoba usaha, Samesame Clothing juga membuka peluang bagi yang ingin berjualan. Syaratnya beli baju minimal 3 pasang, maka Anda akan mendapatkan harga reseller.

(avi/ern)

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons