Kaos distro apaan sih?

Sering dengar istilah Kaos distro? Atau malah sering menggunakan istilah ‘baju-baju distro’? Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan distro itu?

Jadi ceritanya sekitar era tahun 1990-an banyak bermunculan band-band indie label. Group musik ini terdiri dari anak-anak muda dengan idealisme tinggi sehingga enggan tunduk pada aturan-aturan yang ada pada major label. Karena itu mereka berusaha mengembangkan sendiri pemasaran musik mereka.

Untuk mendukung tujuannya ini mereka membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karenanya kemudian mereka berkreasi dengan menjual CD/kaset yang mereka kemas sendiri melalui toko yang juga mereka buat sendiri atau hanya sekedar titip kepada teman. Tidak Cuma berhenti disitu, mereka pun mulai menjual merchandise, baju-baju, pakaian yang pada akhirnya disebut dengan kaos distro tadi.

Semangat ini kemudian menular kepada komunitas lain di luar musik. Munculah kemudian distro dari anak-anak skateboard, BMX, hingga komunitas pencinta surfing. Pada perkembangannya kaos distro dan segala pernak-perniknya yang lain dengan cepat diterima oleh kalangan remaja. Penyebab utamanya tak lain karena barang-barang yang diproduksi oleh distro selalu dalam jumlah terbatas. Hal ini bukan semata karena kesengajaan eksklusivitas tapi lebih kepada keterbatasan modal. Tak heran jika kemudian segmennya pun mulai berkembang dari sekedar remaja menjadi meluas ke kalangan umur yang lebih mapan.

Namun toh semangat ini akhirnya ‘terciderai’ ketika sejumlah distro berkembang. Dengan kapasitas modal yang membengkak seiring keuntungan yang didapat akhirnya para distro ini mampu memproduksi barang-barangnya secara massal pula. Akhirnya lambat laun keeksklusivitasan merk distro tertentu pun perlahan memudar. Apalagi sebagian pebisnis kelas kakap pun tak segan untuk kemudian mengucurkan dananya kepada merk-merk distro yang telah memiliki nama.

Fenomena distro akhirnya kembali kepada kenyataan yang ada. Tetap mempertahankan semangat eksklusivitas atau tergerus dengan kekuatan modal dan potensi pasar yang besar!

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons