"Urang" Bandung "Keur" di Jakarta

Di balik industri kreatif Bandung terdapat orang- orang yang melihat peluang dan mau mewujudkan mimpi mereka. Dicky Sukmana (28), misalnya, membuat majalah Suave tahun 2004.

Setahun sebelumnya dia mendirikan usaha kaos dan produk gaya hidup Invictus. Dalam perjalanan, dia melihat peluang bisnis yang belum dimasuki, yaitu penghubung antara industri clothing, distro, dan konsumennya. Maka, lahirlah Suave.

Bermodal Rp 1,5 juta, Dicky memproduksi 1.000 eksemplar Suave yang terbit bulanan dan disebar gratis ke distro-distro Bandung. Ternyata sambutannya bagus. Majalah ini kini bertiras 15.000 eksemplar per bulan dan disebar di 20 kota di Indonesia. ”Biaya produksi dari produk yang dimuat di Suave,” kata Dicky.

Majalah berwarna itu memuat produk terbaru yang ada di distro-distro. ”Saya tidak takut disaingi industri clothing baru karena itu berarti pasar baru untuk Suave, ha-ha-ha....”

Sedangkan kesuksesan Invictus dibangun melalui komunikasi dengan komunitas. Acara Refresh Your Sunday yang menampilkan band indi, bincang-bincang, atau sosok yang dianggap dapat memperkuat citra Invictus, kini menarik ribuan anak muda.

”Ke depan maunya menguatkan brand di tingkat nasional dan Asia. Ngajak anak muda mencintai produk bangsa sendiri dan membendung serbuan produk impor,” kata Dicky yang belajar fashion brand management di London College of Fashion.

Lain lagi pengalaman Ben Wirawan (32) dan Hanafi, pemilik Maha Nagari Bandung Pisan. Ben melihat peluang bisnis ketika ikut program pertukaran mahasiswa ke Singapura tahun 1998 dan harus memberi kenang-kenangan. ”Kok enggak ada identitas lokal Bandung yang diwujudkan dalam bentuk merchandise,” kata Ben yang saat itu kuliah di Jurusan Desain Produk Institut Teknologi Bandung.

Ketika tahun 2002 usaha clothing Bandung makin semarak, Ben memilih berhenti sebagai desainer di sebuah perusahaan perlengkapan outdoor untuk berusaha sendiri. Lahirlah kaos dengan desain grafis dan slogan bertema budaya lokal.

Slogan ”Bandung Bermartabat” dipelesetkan jadi Bandung Bermartabak. Di bawah tulisan itu ada gambar martabak manis yang identik dengan Bandung. Kaos lain bertuliskan Urang Bandung dengan gambar wajah orang tersenyum dan tulisan Keur (sedang) di Jakarta dengan wajah tegang di bagian belakang. Desain yang dibuat tahun 2002 hingga kini masih dicari pembeli.

”Kami mempertahankan keunikan melalui desain dan visual yang kuat karena itu jualan kami,” jelas Ben yang menyasar warga Bandung, ekspatriat, dan turis, termasuk orang Jakarta.

Maha Nagari menjadikan kaos media kampanye budaya dengan membentuk komunitas yang rutin pelesir ke obyek bernilai budaya dan bersepeda ke hutan sekitar Bandung.
Efek berganda
Tidak diragukan industri kreatif membangkitkan efek berganda, antara lain lapangan kerja. Maha Nagari memiliki 20 kontributor yang ikut memikirkan desain. Untuk satu desain, kontributor dibayar Rp 200.000 plus royalti dari penjualan produk yang bisa mencapai Rp 2 juta.

Febby Arhemsyah mensubkontrakkan pembuatan Twoclothes ke beberapa pemasok. Untuk kaos, pemasoknya 20-30 tukang jahit, sablon, dan kemasan; untuk jaket pemasoknya punya 8 pekerja; untuk tas ada 8 pekerja; belum untuk topi dan celana. ”Baru-baru ini saya dikontak orang dari Institut Pertanian Bogor yang sedang meneliti kayu dari Indonesia untuk dijadikan papan skate,” kata Febby.

Selama ini, papan skate masih diimpor per bagian dari China karena di Indonesia tidak ada kayu maple. Papan skate membutuhkan tujuh lapis kayu maple supaya kuat.

Sedangkan untuk Invictus, Dicky bekerja sama dengan 15-20 vendor yang rata-rata memiliki karyawan 10-20 orang, belum termasuk industri besar kain di sekitar Bandung. ”Saya memberi masukan kepada mereka kalau ada teknologi baru dari luar soal pewarnaan atau teknik sablon baru,” papar Dicky. (Ninuk MP/Susi Ivvaty)

Merajut Kostum DARI LIMBAH

Minggu, 7 Maret 2010 | 03:51 WIB

OLEH ANTON SANJOYO

Dua juta orang diperkirakan membanjiri Afrika Selatan saat negara pertama di Benua Afrika itu menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010, yang akan berlangsung sebulan penuh mulai 11 Juni mendatang. Tetapi, bukan cuma orang, negara itu juga akan dibanjiri limbah plastik yang ”diangkut” tim-tim berkostum Nike dan pendukung setianya. anton sanjoyo

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia, tema ramah lingkungan akan menjadi salah satu isu pokok yang diusung sejumlah negara peserta. Ya, dipimpin pasukan penuh bintang Brasil yang sudah mengoleksi lima gelar juara dunia, beserta delapan negara lain, mereka akan menggunakan kostum yang 100 persen terbuat dari bahan polyester daur ulang.

Selain Brasil, tim Belanda, Portugal, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Serbia, dan Slovenia akan memakai kostum yang bahan dasarnya adalah limbah botol plastik. Menurut klaim Nike, satu kostum yang akan dipakai Cristiano Ronaldo atau Alexandre Pato di Afrika Selatan kelak, terbuat dari delapan botol plastik seukuran botol air mineral kapasitas 600 mililiter.

Untuk memasok kebutuhan sembilan tim pada Piala Dunia 2010 Afsel, serta kebutuhan replika kostum yang bakal menjadi atribut utama suporternya, sebanyak 13 juta botol plastik telah ”disulap” menjadi bahan kostum sepak bola paling inovatif selama ini. Botol-botol plastik yang dikumpulkan dari pemasok di Jepang dan Taiwan itu jika dikumpulkan sanggup menutupi 29 lapangan sepak bola, dan jika dibaringkan berjejer, panjangnya akan setara dengan 3.000 kilometer atau lebih panjang dari seluruh garis pantai Afrika Selatan.

Menurut Creative Director Football Nike Phil Dickinson, kostum dari generasi terakhir teknologi dri-fit itu dirancang tidak hanya untuk sedap dipandang dan memberikan manfaat penambahan kinerja pemain, tetapi juga sangat bersahabat dengan lingkungan karena membantu bumi dari polusi limbah plastik yang tidak bisa diurai tanah.

”Botol plastik terbuat dari bahan dasar polyethylene dan polypropylene. Dengan teknologi penguraian kimia bahan itu kemudian diubah menjadi serat polyester,” ujarnya.

”Tentu saja selain faktor kenyamanan, sisi keamanan juga menjadi fokus dalam perancangan kostum. Yang pasti, bahan kostum ini sudah lulus standar industri Eropa,” lanjut Dickinson.

Menjaga suhu badan

Nike mengklaim, kostum teknologi dri-fit terbaru ini sangat nyaman dalam pemakaian di iklim dengan kelembaban cukup tinggi seperti di Afsel. Menurut Dickinson, teknologi perajutan dri-fit generasi baru ini memungkinkan badan pemakainya tetap sejuk karena bahan polyester-nya dirancang tidak menyerap keringat, melainkan mengalirkan keringat ke luar melalui pori-pori, kemudian membuatnya menguap dengan cepat.

”Dengan kostum yang relatif tetap kering, suhu badan pemain dijaga tetap optimum sehingga mampu mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya,” ujar Dickinson pada peluncuran kostum ramah lingkungan ini di London, Inggris, Kamis (25/2), yang dihadiri Kompas.

Meraba produk apparel canggih Nike ini, memang sulit dipercaya bahwa bahan dasarnya adalah polyester daur ulang botol plastik. Jika polyester biasa terkesan kasar karena memang dirancang untuk mengurangi dampak kusut pada kain, polyester daur ulang Nike ini lembut, ringan, dan sejuk.

Sejuk karena kostum ini dirancang dengan zona-zona ventilasi yang memungkinkan udara mengalir. Zona ventilasi udara terdiri dari ratusan lubang mikro (lazer cut holes) dan ditempatkan di kedua sisi bawah ketiak hingga ke pinggul.

Bagi Nike, inovasinya pada apparel memang menjadi bagian penting dalam strategi mempertahankan pangsa pasarnya di industri olahraga. Sampai dengan kuarter keempat 2009, Nike masih teratas dalam penjualan dan masih unggul atas Adidas yang merupakan seteru abadi di industri apparel olahraga.

Adidas lebih banyak

Rivalitas antara Nike dan Adidas dalam industri apparel dan perlengkapan olahraga menjadi warna paling dominan dalam dua dekade terakhir. Nike sangat mapan di cabang atletik dan bola basket, sementara Adidas unggul di cabang sepak bola. Jika di Afsel mendatang Nike mensponsori sembilan negara, kostum Adidas akan dipakai 12 negara, seperti Argentina, Spanyol, Afsel, dan tentu saja Jerman.

Adidas juga menjadi sponsor resmi Piala Dunia dan memasok semua peralatan ofisial FIFA, termasuk kostum wasit dan hakim garis, serta bola resmi.

Persaingan dua merek kelas dunia ini juga diwarnai dengan strategi akuisisi merek lain untuk memperluas penetrasi pasar. Nike membeli Umbro pada 2007 untuk memboyong Inggris dalam line-up apparel-nya. Sementara Nike sudah menandatangani kontrak dengan Perancis mulai tahun 2011. Sebelumnya, pasukan ”Les Bleus” Perancis berkostum Adidas.

Di luar peserta Piala Dunia 2010, Nike juga mensponsori sejumlah negara, termasuk Indonesia. Namun, karena Indonesia selalu hanya menjadi penonton dalam gelaran sport paling agung itu, kebanggaan yang bisa diberikan Nike hanya pada tempat produksi. Tengoklah kostum Brasil terbaru itu. Di bagian kerahnya tertulis: ”Made in Indonesia”, ”Fabrique en Indonesie”.

Berani Main Warna Agar Terlihat Segar

Tips - Bingung memilih busana apa yang hendak Anda kenakan hari ini? Well.. coba saja padukan dengan aneka aksesoris koleksi Anda. Namun bukan hanya itu saja, Anda juga dapat bermain-main dengan warna sehingga tampil beda dan mencuri perhatian.

Mau tahu tipsnya? Yuk intip yang berikut.

Bermain dengan warna-warni yang ceria dapat membuat Anda tampak segar dan menonjol.


* Anda bisa mulai mengenakan sepatu model Indiana Mocs merupakan sepatu traditional suku Indian. Sepatu model ini sangat enak dan nyaman untuk dikenakan. Pilihlah warna-warna yang ceria agar anda lebih percaya diri dan tetap cantik.


* Jangan lupa untuk menyimpan koleksi sepatu ankle strap yang seksi dan kenakan pada saat Anda ingin tampil lebih kasual. Cerah tetapi soft dengan warna pink, turquoise, yellow atau lime green ini.

Kulit lembut dan suede-nya tampak sangat manis dengan detail jahitan lingkar serta pitanya.

* Kenakan saja dengan jeans, casual pants atau khaki. Bila ingin tampil feminim, padukan dengan dress atau rok mini. Padukan sepatu model Mocs dengan rok A line motif floral sehingga memberi kesan lebih feminim.


* Untuk kesempatan casual di siang hari, Anda bisa memilih multi-tiered gypsy skirt, the ladylike floral atau ethnic-inspired bohemian looks agar lebih stylish. Padukan dengan twinset atau turtleneck dengan strap pumps favorit Anda.


* Setelah selesai dengan busana setelan yang menempel di tubuh Anda, jangan lupakan perhatikan aksesori.

Kalung dari beads akan tampak stylish di leher jenjang Anda. Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih yaitu kalung beads dengan paduan warna yang terang dan ceria dengan bentuk seperti bola-bola permen karet atau kalung dengan bahan natural berwarna kayu, turquoise, coral atau kalem mutiara.

Tapi bila ingin tampak menonjol, sudah pasti bubblegum beads berwarna cerah yang akan Anda pilih untuk melengkapi penampilan anda.

* Mini blazer dengan warna-warna gelap dan natural seperti hitam, abu-abu atau coklat. Shrunken jacket dengan pilihan warna-warnanya ini bisa membuat semangat kerja Anda terpacu seperti hot pink, pale pink, lilac, orchid, lime green, chartreuse dan turquoise akan membuat suasana lebih semarak. Kenakan saja di atas kemeja fitted, blouse atau pun turtleneck Anda.

Tampil Seksi Dengan Rompi


Tips - Ingin tampil beda dari biasa agar terlihat lebih fresh? Kenapa tak memilih rompi atau vest sebagai pelengkap busana Anda? Vest atau rompi dapat membuat Anda terlihat tetap formal, atau malah sebaliknya membuat Anda terlihat sporty.
Mau pilih yang mana, terserah acara yang akan Anda hadiri.

Dengan rompi, Anda juga bisa menciptakan gaya yang variatif sekaligus menyamarkan bentuk tubuh tidak ideal. Di antara aneka model rompi yang sedang in saat ini, pilihan rompi model klasik tetap digemari.

Selain cocok dipadukan dengan setelan blazer formal, rompi gaya ini juga bisa tampil model tumpuk yang dinamis.

Dengan menyelipkan unsur aksesoris yang berkesan main-main seperti kalung warna-warni untuk mempertegas sisi genit Anda.

Bagi Anda perempuan yang aktif maka manfaatkan rompi favorit untuk dua kesempatan berbeda. Untuk pergi ke kantor maka Anda dapat padankan rompi dengan kemeja berdetail ruffles dan celana model lebar.

Seusai jam kantor ternyata Anda ada janji makan malam dengan relasi maka padukan rompi dengan gaun motif unik agar terkesan seksi dan sophisticated.

Dengan rompi penampilan Anda akan lebih feminin, maskulin atau brgaya preppy yang chic. Seperti model rompi dari bahan rajut yang terkesan konservatif dipadukan dengan turtleneck dan rok lebar.

Bagi Anda yang menyenangi gaya kasual maka padukan rompi dengan celana bermuda atau celana pendek.

Anda jangan takut bila harus bermain dengan warna dan motif karena justru akan membuat penampilan Anda tidak monoton. Jadilah diri anda sendiri agar tampil lebih percaya diri. (Ilustrasi uniformmarketstores.com)

Empat Pakem Bereksperimen Dengan Warna


Tips - Fashion adalah sesuatu yang fun. Anda dapat bereksperimen bukan hanya dengan berbagai bahan pakaian dan aksesoris saja, namun juga dengan aneka warna.

Yap! Warna-warna pakaian yang Anda kenakan dapat mencerminkan siapa diri Anda. Namun tentunya sebelum mulai bereksperimen dengan warna, ada baiknya Anda mengerti dulu pakem dalam bermain-main dengan warna..

Sebetulnya warna dapat mengungkapkan berbagai hal seputar emosi kita, namun salah bermain warna dapat membawa dampak yang kurang menyenangkan. Pernah membayangkan apa yang terjadi bila anda datang ke suatu pemakaman dengan mengenakan warna shocking pink?

Panduan kecil yang sederhana berikut paling tidak bisa sedikit membantu anda menyesuaikan pilihan warna busana dengan karakter ataupun acara yang dihadiri..

* Pertama, pastikan warna-warna dasar ada dalam koleksi busana anda. Bila warna seperti putih, hitam, beige atau abu sudah masuk koleksi, maka anda tidak akan kerepotan untuk me-mix-and-match di segala kesempatan. Warna-warna tersebut juga cocok bagi anda yang konvensional, klasik dan ingin terlihat elegan.

* Kedua, warna ringan dan lembut. Untuk anda yang sering melakukan aktifitas pagi hingga sore hari, warna-warna muda atau pastel seperti pink, biru, hijau akan memberikan efek sejuk dan lembut sehingga menjaga spirit tetap menyala sampai sore.

* Ketiga, shine and glam. Warna hitam memang menjadi favorit dan merupakan pilihan semua orang untuk acara di malam hari. Namun bila anda ingin menjadi pusat perhatian, tidak ada salahnya untuk mengenakan warna-warna terang dan kontras serta sedikit efek kilau.

* Keempat, lihatlah situasi dan kondisi. Sesuaikan pemilihan warna dengan kondisi saat menggunakannya. Lupakan untuk mengenakan warna cerah dan mencolok saat menghadiri acara kematian. Anda boleh bermain dengan warna yang terang dan warna yang cerah untuk menghadiri acara cocktail. (Ilustrasi Cocolee.com)

Warna Yang Tepat Untuk Mengendalikan Suasana Hati


Tips Karier - Warna memiliki pengaruh dalam psikologi manusia. Ia dapat memengaruhi suasana hati, menambah rasa percaya diri, hingga memengaruhi pandangan orang lain terhadap kita. Sesuaikan warna pakaian atau aksesoris dengan tugas yang akan dihadapi, dan jadikan hari ini milik Anda.

Berkuasa Dengan Hitam

Warna hitam membuat Anda tampak berkuasa dan percaya diri. Agar tidak terlalu “seram”, kombinasikan dengan warna lain, seperti merah, atau cokelat.

Tenang Dengan Abu-abu

Warna abu-abu mengisyaratkan Anda dingin, tenang, dan terkontrol, tetapi bukan pemain utama.

Cokelat yang Teratur

Warna cokelat membuat Anda tampak statis dan agak teratur. Warna ini berguna jika rasa gugup menghadang dan Anda memerlukan perlindungan.

Oranye yang Kreatif

Jika pekerjaan menuntut kreativitas, selipkan sentuhan warna oranye. Warna ini melambangkan kehangatan, vitalitas, dan kreativitas. Oranye menstimulasi otak untuk mencoba ide-ide baru dan cara kerja baru, serta kesadaran artistik.

Merah Si Pencuri Perhatian

Merah selalu menonjol. Warna ini melambangkan energik, bersemangat, berani, dan menyuarakan kepercayaan diri. Kenakan pakaian warna merah jika Anda ingin membuat pengaruh, merasa takut terhadap tugas atau pekerjaan tertentu, dan membangkitkan semangat.

Ketenangan Biru

Biru ideal kalau Anda ingin tenang dan memusatkan perhatian pada pekerjaan. Warna ini juga membantu jika Anda akan menghadapi argumentasi di tempat kerja, dan menenangkan situasi.

Kuning Percaya Diri

Warna kuning meningkatkan harga diri dan terkesan ramah serta komunikatif. Gunakan warna kuning dalam jumlah kecil jika ingin membuka percakapan dan membangun dialog.

Memesona Bersama Turquoise (Biru Kehijauan)

Turquoise adalah warna yang memikat dan elegan. Warna ini memberi kesan positif. Gunakan saat Anda berpidato atau presentasi.

Pink Penuh Cinta

Sebagai lambang cinta, pink memang menyiratkan kehangatan, cinta, dan penuh perhatian. Warna ini cocok untuk Anda yang bekerja dibidang pelayanan, atau ingin menenangkan dan menunjukkan Anda bukan ancaman. (sumber : The Five Minutes Healer, Jane Alexander/Foto Ist)

iHAQI, Dakwah Kreatif Lewat Kaos Oblong


Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Kebaikan ternyata bisa dilakukan dengan berbagai media. Begitupun dakwah yang tak selalu paparan di atas mimbar atau majlis ta'lim, tapi bisa dibalut dalam ranah komunikasi yang lebih bebas.

Misalnya iHAQI yang melakukan dakwah lewat kaos oblong. Gagasan kreatif ini muncul awalnya dari perkumpulan Masjlis ta'lim iHAQI pimpinan Dodi Kusdianto. Dari mulai pembuatan buku perjalanan waktu, training iHAQI hingga akhirnya melebar ke pembuatan t-shirt.

Menurut Supervisor Training Management iHAQi, Wina (32) bisnis kaos ini dimulai setahun lalu. Tema-tema yang diangkat seputar Islam tapi dengan desain yang tidak monoton. Selain unik, banyak desain-desain nyeleneh plesetan dari merek-mrek ternama yang pasti akan membuat tertarik.

Misalnya, kata-kata dalam logo Harley Davidson diubah menjadi Muslim Haram Su'udzon, S.W.A.T artinya Shalat Waktu Adzan Tiba, tulisan S dalam Superman diganti dengan angka 5 yang diiringi tulisan 'Muslim Ritual Pray'. Selain itu ada juga yang dikaitkan langsung dengan ayat Al-Qur'an, misalnya gambar gajah yang dibawahnya dituliskan angka surat dan ayat yang menunjukan surat Al-fill yang bercerita tentang gajah, Save Our Planet yang dikaitkan dengan surat Al-aqoarah ayat 11, atau tulisan Jurassic Park diplesetkan jadi 'Jujur Yuk Pak!' sebagai bentuk dakwah anti korupsi dan desain-desain lainnya yang secara keseluruhan sudah lebih dari 40 desain.

"Sekecil apapun bisa kita jadikan untuk dakwah," tutur Wina saat ditemui di stand iHAQi dalam gelaran Braga Festival. Meskipun menurut Wina desain yang ditawarkan tak selalu desain-desain nyeleneh, Wina berharap melalui desain-desain tersebut secara tidak langsung bisa mengingatkan tak hanya kepada si pemakai tetapi pada yang melihat tulisan tersebut. Wina mencontohkan tulisan S.W.A.T, Shalat Waktu Adzan Tiba yang mengingatkan orang untuk shalat.

"Kita saling mengingatkan," ujarnya.

Kaos-kaos keren ini bisa didapatkan di Bandung Indah Plaza lantai 1. Selain itu, setiap akhir pekan iHAQi memiliki mobile store yang berkeliling di Jalan Riau. Untuk hari Jumat biasanya berjualan di masjid-masjid. Harga kaos anak Rp 60 ribu, laki-laki dewasa Rp 80-85 ribu sedangkan perempuan dewasa Rp 90 ribu. Sebanyak 2,5 persen dari keuntungan penjualan kaos akan dizakatkan

Jadi Enterpreneur Bermodalkan 'Sirik'

Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Pandangan yang umumnya berlaku di masyarakat, menjadi seroang enterpreuner butuh modal materi yang tak sedikit. Padahal banyak sisi lain yang bisa digali dan dikembangkan sebagai energi yang mampu jadi motor penggerak untuk berjalan menuju tangga kesuksesan.

Misalnya Marius Widyarto (53) atau Wiwied, perintis dan pemilik label clothing C59. Dengan bermodalkan SIRIK, Wiwied mampu membawa C59 bertahan sampai 30 tahun.

Tapi sirik di sini bukan dalam pengertian sebenarnya. Wiwied menerjemahkan SIRIK sebagai singkatan dari kata-kata ampuh yang dijadikannya sebagai motivasi berusaha. Dimulai dari huruf pertama yaitu S yang berarti suka. "Saya suka kaos oblong. Jika diawali dengan suka pasti hasilnya akan bagus," tutur pria kelahiran Banjarmasih 19 Januari 1956 ini.

Maka tak heran jika sejak SMU Wiwied sudah mulai membuat kaos-kaos oblong walaupun saat itu dirinya belum bisa menjahit atau menyablon sendiri. Tapi kesukaan pada kaos oblong inilah yang membuat Wiwied bertekad untuk serius menekuni usaha pembuatan kaos.

Huruf kedua dari SIRIK adalah I yang berarti imajinasi. Seorang enterpreneur harus memiliki imajinasi untuk menjadi terkenal. Imajinasi ini akan mendorong setiap orang akan fokus dalam mengerjakan sesuatu yang disukainya.

Ketiga adalah R, diambil dari kata relasi. Menurut Wiwied membangun jaringan sangat penting dalam menjaring klien. Sejak SMU Wiwied mengaku aktif di pelbagai komunitas seperti klub olahraga, drumb band, aero modeling atau di klub motor. Jaringan pertemanan yang dimilikinya tersebut membuat usaha Wiwied lebih mudah dilirik orang lain.

I yang kedua dari kata SIRIK adalah Inovatif. Dengan inovasi setiap ide yang muncul bisa diwujudkan. "From nothing to something," ujar pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Harley Davidson Club Indonesia Chapter Bandung ini.

Terakhir adalah K dari kata komunikasi. Komunikasi yang baik dan efektif akan menggugah orang lain agar tergerak dengan produk yang ditawarkan.

Saat memulai usaha, Wiwied mengaku tak sepeserpun dirinya mendapat kucuran dana dari orang tua. "Saya mulai usaha dengan uang sendiri, pure sendiri," tutur Wiwied. Sebuah ide yang dikatakannya ide mahal dalam mencari modal adalah dengan menjual kado pernikahannya dengan Maria Goretti Murniati(53) ini.


Sabet Berbagai Prestasi
Selain didaulat menjadi pelopor industri clothing di Jawa Barat tahun 2007 lalu. Usaha yang dirintis Wiwied memang tak hanya berbuah materi.

Sebagai sesepuh industri clothing Wiwied berhasil menghantarkan C59 meraih berbagai prestasi baik skala nasional maupun internasional.

Tidak tanggung-tanggung, di tahun 1996 Presiden Soeharto memberikan penghargaan Upakarti untuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM).

Menyusul di tahun 1999 PT C59 memenangkan penghargaan internasional Merit Award dalam kategori The Best Theme. Tahun 2000 mendapat penghargaan Asean Development Best Economic Executive Award. Kemudian di tahun 2001 ungguk menduduki peringkat I di ajang penghargaan 50 UKM Nasional terbaik yang digelar Accenture dan Majalah SWA dan prestasi-prestasi lainnya.

Tapi Wiwied tak berpuas hati, dia terus berinovasi untuk terus memberikan sesuatu yang baru bagi masyarakat.(ema/ahy)

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons